Anak Sering Mengeluh Pegal-Pegal? Mungkin Ini Penyebabnya

Anak Sering Mengeluh Pegal-Pegal? Mungkin Ini Penyebabnya,- Mungkin banyak yang mengira jika pegal-pegal hanya bisa dialami oleh orang dewasa hingga lansia. Namun, jangan salah, ternyata pegal-pegal juga sering dialami oleh anak-anak atau remaja. Terlebih lagi jika mereka jarang terkena sinar matahari pagi.

Pegal yang dialami oleh anak dan remaja ini bisa dialami karena tubuh kekurangan vitamin D. Setiap tahunnya, keluhan kekurangan vitamin D pada usia muda semakin meningkat, dan ini biasanya disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat.

Anak-anak zaman sekarang jarang sekali bermain di luar rumah dan lebih memilih terus berada di kamar atau rumah bersama dengan gadget. Kondisi ini diperburuk dengan kebiasaan mengonsumsi makanan cepat saji yang memiliki kandungan gizi tidak seimbang.

Selain itu, anak-anak yang mengalami kekurangan vitamin D juga cenderung tidak minum susu atau produk turunan susu lainnya. Maka tak heran jika kadar vitamin D dalam tubuh anak hanya sekitar 3-4 nanogram permililiter darah, padahal kadar normal vitamin D adalah 30 nanogram permililiter darah.

Kekurangan vitamin D pada masa pertumbuhan selain dapat menyebabkan nyeri sendi juga membuat tulang mudah keropos, kelainan bentuk gigi, kurang berenergi, struktur tulang dan otot menjadi lemah.

Sejatinya, kekurangan vitamin D dapat diatasi dengan mudah yaitu memanfaatkan paparan sinar matahari sebagai vitamin D terbesar. Tentunya manfaat ini bisa didapatkan dari sinar matahari pagi, tepatnya sejak terbit sampai pukul 9 pagi.

Selain vitamin D, sinar matahari pagi juga memancarkan sinar infra merah jarak jauh yang dapat menghilangakn racun dalam tubuh dan menjadikan darah lebih bersih, meningkatkan stamina, sehingga tidak mudah lelah, sekaligus mengurangi sakit kepala dan asam lambung.

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*