Awas! Kurang Minum Air Putih Bisa Picu Nyeri Punggung

Awas! Kurang Minum Air Putih Bisa Picu Nyeri Punggung,- Nyeri punggung merupakan sensasi tidak menyenangkan yang terasa di bagian punggung tertentu, mulai dari leher, hingga tulang ekor. Gejalanya dapat berupa rasa sakit yang datang dan pergi, kaku sendi, atau tegang otot.

Ada berbagai faktor yang bisa menjadi penyebab timbulnya nyeri punggung, salah satunya yaitu batu saluran kemih. Menurut beberapa penelitian, terbentuknya batu saluran kemih ini salah satunya dikaitkan dengan kebiasaan kurang mengonsumsi cairan, termasuk air putih.

Minum air putih dengan jumlah yang cukup termasuk salah satu cara menjaga kesehatan tubuh yang direkomendasikan oleh banyak pakar keseatan. Minum 2 liter atau 8 gelas air putih diyakini akna membuat tubuh terhidrasi dengan baik dan berbagai sostem yang bekerja dalam tubuh bisa berjalan dengan lancar.

Selain itu, minum air putih secara cukup setiap hari juga dapat membantu menurunkan risiko nyeri yang menyakitkan. Selama ini diketahui jika kurang minum air putih dapat menyebabkan dehidrasi. Ternyata, menurut ahli gizi Dr Josh Axe, dehidrasi bisa menyebabkan sakit punggung.

Asupan air yang kurang dapat membuat otot-otot di punggung menjadi kaku dan pegal. Pada akhirnya, kondisi itu dapat menyebabkan kejang otot dan bahkan nyeri sendi di punggung atau leher. Dr Josh menjelaskan, diperkirakan hingga 80% orang dewasa mengalami gejala nyeri punggung bawah yang terus-menerus hingga berkali-kali.

Maka tak heran jika banyak orang yang segera mencari cara untuk meredakan rasa nyeri ketika mengalami sakit punggungl. Menjaga tubuh tetap terhidrasi merupakan cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kejang otot, mengelola tekanan darah, dan memperbaiki pencernaan. Selain itu, untuk mencegah sakit punggung datang kembali, cobalah untuk menerapkan poma makan tinggi serat.

Sedangkan untuk perawatan saat sakit punggung, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Pertama, konsumsi obat penghilang rasa sakit anti-inflamasi. Kedua, gunakan kompres panas atau dingin pada bagian yang terasa nyeri. Ketiga, hindari duduk terlalu lama di posisi yang sama dan pastikan tidur di kasur yang nyaman. Terakhir, jika Anda mengalami obesitas, cobalah untuk menurunkan berat badan. Pasalnya, berat badan berelbih bisa meningkatkan risiko nyeri punggung.

 

Artikel terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*