Awas! Nyeri Sendi Ternyata Bisa Jadi Tanda Kanker Tulang

Awas! Nyeri Sendi Ternyata Bisa Jadi Tanda Kanker Tulang,- obatpegallinu.com – Nyeri sendi merupakan keluhan yang umum dialami oleh mereka yang mengidap arthritis. Namun, kondisi tersebut tidak selalu merupakan tanda arthritis atau radang sendi. Anda patut waspada, pasalnya nyeri sendi ternyata juga bisa jadi pertanda dari kanker tulang.

Tanda dan gejala kanker tulang memang hampir mirip dengan radang sendi. Walaupun ini merupakan kondisi yang tergolong langka, akan tetapi kanker tulang bisa menyerang semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Terdapat 3 jenis uatam dari kanker tulang, yaitu diantaranya osteosarcoma yang menyerang anak-anak dan dewasa muda, sarkoma ewing yang menyerang orang dengan rentang usia 10-20 tahun, serta chondrosarcoma yang menyerang mereka yang berusia lebih tua.

Tanda Kanker Tulang

Gejala utama dari kanker tulang yaitu timbul nyeri pada tulang yang tidak hilang, atau justru semakin memburuk dari waktu ke waktu. Kemungkinan ada area tulang yang terasa menyakitkan atau lunak. Rasa sakitnya pun lebih khas yaitu bisa terjadi saat istirahat dan akan terasa lebih parah di malam hari.

Biasanya tanda kanker tulang terjadi di daerah yang terkena, biasanya di tulang panjang pada kaki dan lengan atas. Gejala tersebut timbul karena dipicu oleh aktivitas sel-sel kaner yang mengganggu tulang. Pada anak-anak dan remaja, gejala kanker tulang biasanya timbul lebih cepat karena pertumbuhan membuat mereka memiliki risiko yang lebih besar untuk mengembangkan kondisi ini.

Selain nyeri sendi atau tulang, juga terdapat tanda kanker tulang lainnya, yaitu kenaikan suhu tubuh hingga 38 derajat celcius atau bahkan lebih. Jika seseorang mengidap kanker tulang, maka suhu tubuhnya akan melonjak sehingga menyebabkan demam.

Tanda lainnya yaitu berkeringan di malam hari lebih dari biasanya, timbul pembengkakan dan benjolan pada tulang, tulang rapuh, tubuh terasa lelah, dan penurunan berat badan. Ketika kanker tulang belakang menekan persarafan, maka penderita juga akan merasakan kebas dan mati rasa.

Terakhir, seseorang yang terkena kanker tulang juga bisa mengalami penurunan berat badan secara tiba-tiba tapi tidak dijelaskan penyebab pastinya. Memang kondisi ini biasanya terjadi setelah peristiwa menegangkan. Namun, penurunan berat badan bisa menjadi pertanda adanya penyakit serius seperti kanker.

Pada orang dewasa, terkadang gejala nyeri tulang disalahartikan sebagai radang sendi. Sedangkan pada anak-anak dan remaja, kondisi ini terkadang disalahartikan sebagai efek samping dari pertumbuhan tulang.

Alangkah baiknya segera periksakan ke dokter jika Anda atau anak Anda mengalami nyeri pada tulang secara terus-menerus atau nyeri tersebut terus memburuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*