Awas! Sendi Kaku di Pagi Hari Bisa Jadi Tanda Penyakit Autoimun

Awas! Sendi Kaku di Pagi Hari Bisa Jadi Tanda Penyakit Autoimun,- Apakah Anda sering merasakan sendi dan jari terasa kaku di pagi hari ? Anda perlu waspada, karena bisa jadi itu merupakan salah satu tanda dari penyakit autoimun.

Bagi sebagian masyarakat Indonesia, mungkin penyakit autoimun ini terdengar asing. Namun, sebenarnya, penderita penyakit autoimun di Indonesia terbilang cukup banyak. Lalu, apa itu penyakit autoimun ?

Penyakit autoimun adalah penyakit dimana sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan sehat orang itu sendiri. Sistem kekebalan tubuh atau disebut juga imun berfungsi untuk melindungi tubuh dari ancaman yang dapat membahayakan tubuh seperti bakteri dan virus. Sistem imun pada penderita penyakit autoimun tidak dapat membedakan antara jaringan yang sehat dan membahayakan.

Salah satu penyakit autoimun yang perlu diwaspadai, yaitu Rheumatoid Arthritis (RA) atau sering disebut rematik. Pada penyakit ini, autoimun akan menyerang sendi, misalnya sendi-sendi pada jari. RA umumnya akan menyerang sendi di tangan, pergelangan, dan lutut. Sendi yang terseranga kan mengalami peradangan, sehingga menyebabkan rasa nyeri yang berkepanjangan, gerakan terbatas, dan bahkan perubahan bentuk. Selain sendi, RA juga bisa menyerang bagian lain seperti paru-paru, jantung, dan mata.

Di masyarakat, Rheumatoid Arthritis sering dihubungkan dengan usia atau makanan dan disalahartikan sebagai osteoarthritis. Padahal sebagai penyakit autoimun, penyebab Rheumatoid Arthritis ini belum diketahui secara pasti. Namun, risiko menderita penyakit ini dapat meningkat pada perempuan, perokok, dan seseorang dengan riwayat keturunan yang memiliki penyakit ini.

Baca juga :

Dijelaskan oleh Spesialis penyakit dalam, dr. Sumariyono, SpPD-KR., Rheumatoid Arthritis ditandai dengan adanya peradangan pada sendi. Salah satu cara mendeteksinya sejak dini yaitu ketika sendi terasa kaku di pagi hari. Beliau menjelaskan, ketika beberapa bagian sendi terasa kaku di pagi hari selama minimal 30 menit, maka itu harus diwaspadai. Pasalnya, saat terasa semakin kaku maka radangnya bisa saja semakin berat. Penyakit ini berbahaya, karena bersifat merusak sendi bahkan hingga cacat.

Rasa kaku sendi tersebut terjadi secara perlahan atau tiba-tiba. Biasanya, radang sendi yang terlibat mencakup 3 bagian area tertentu, yaitu pergelangan tangan, jari tangan, dan jari kaki. Waspadai jika kaku sudah terasa lebih dari 1 jam, karena kondisi peradangan sudah semakin memburuk.

Selain itu, gejala dini yang paling terasa pada penyakit ini juga mencakup penurunan berat badan disertai rasa lemas. Tidak jarang, penderita juga turut mengalami demam di saat sendinya sedang terasa kaku.

Demam tersebut merupakan tanda dimana tubuh sedang mengalami inflamasi atau radang. Jika ada kaku sendi dan demam, terlebih lagi jika kaku sendi tersebut terasa di pagi hari, maka segera konsultasikan ke dokter sebelum menimbulkan kerusakan yang lebih lanjut pada sendi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*