Bahaya Terlalu Sering Membunyikan Persendian saat Pegal

Kebiasaan membunyikan sendi tangan, kaki, leher atau bagian lainnya memang terasa sangat nikmat dilakukan saat merasa lelah atau pegal. Awalnya rasa pegal memang akan hilang dan badan seketika merasa lebih segar. Namun, faktanya kebiasaan ini sangat tidak baik dilakukan karena bisa berdampak fatal bagi diri Anda.

Para ahli mencoba membuat model persendian untuk mengetahui darimana sumber bunyi ketika kita meretakkan buku-buku jari dan bagaimana efeknya pada persendian. Berdasarkan hasil riset tersebut, diketahui bahwa membunyikan buku-buku jari dapat memicu keluarnya cairan sinovial yang akan berubah menjadi udara bersamaan dengan keluarnya bunyi seperti retakan.

Pendekatan ini menyebutkan bahwa suara retakan tersebut berasal dari gesekan otot dengan permukaan. Apapun sumber bunyi tersebut, namun para ahli mengingatakn bahwa meretakkan buku-buku jarji atau bagian tubuh lainnya tetap saja berbahaya.

Beberapa penelitian yang dilakukan oleh para ahli juga menunjukkan jika kebiasaan ini dilakukan secara terus menerus, maka bisa menimbulkan penyakit sendi yang kronis dikemudian hari. Selain itu, ada banyak bahaya terlalu dering membunyikan persendian saat pegal yang mengintai tubuh Anda.

dr Muki Partono, SpOT menyebutkan kebiasaan membunyikan tulang leher bisa membuat cedera leher (tidak dapat menoleh) hingga patah tulang karena terlalu sering memaksakan tulang agar berbunyi. Dampak lain yang sering terjadi pasca mebunyikan tulang adalah kejang dan kram akibat otot dan saraf kaget dan tegang.

Hal tersebut disebabkan karena Anda mempersingkat waktu untuk memindahkan kepala Anda ke arah yang berlawanan dan melawan tarikan otot saraf yang sebenarnya.

Baca Juga :

Selain itu, membunyikan tulang dapat menyebabkan kinerja sarf melemah. Misalnya saja leher adalah bagian yang sangat dekat dengan otak dan tulang belakang yang menyimpan banyak sekali saraf. Saraf-saraf tersebutlah yang dapat menggerakkan komando dari otak sebagai pusat komando. Jika Anda sering membunyikan leher, persendian akan sulit untuk digerakkan, sampai parahnya adalah tidak dapat menerima komando dari otak lagi.

Persendian yang aus dalam waktu yang panjang dan tidak segera diobati berpotensi menyebabkan peradangan sendi atau osteoarthritis yang bisa melemahkan kekuatan tangan dan kaki sebagai bagian penggerak tubuh. Yang perlu diketahui adalah peradangan tidak hanya akan ditemukan pada sendi, namun juga pada saraf tulang belakang dan otot karena pada leher dan tulang belakang terdapat banyak unsur kehidupan manusia, yaitu pembuluh darah, saraf, otot, arteri, ligament, dan sendi.

Salah satu bahaya besar jika Anda terus melakukan kebiasaan tersebut adalah sarf terjepit. Syaraf yang terjepit, terutama pada bagian leher atau tulang belakang akan sangat membahayakan diri karena dapat membuat Anda mengalami kelumpuhan. Awalnya Anda akan mengalami nyeri yang tak tertahankan pada beberapa bagian tubuh, kekakuan saat bergerak, hingga lumpuh jika tidak segera diatasi.

Maka dari itu, hindari kegiatan membunyikan persendian atau tulang pada saat Anda merasa lelah dan pegal, melainkan biasakanlah untuk melakukan pemanasan sederhana sebelum beraktivitas untuk mengurangi kemungkinan Anda untuk melakukan kebiasaan tersebut kembali. Semoga informasi tersebut bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*