Berbagai Cara Efektif untuk Mengatasi Saraf Bahu Terjepit

Berbagai Cara Efektif untuk Mengatasi Saraf Bahu Terjepit,- obatpegallinu.com – bahu yang terasa sakit bisa menghambat aktivitas Anda, terlebih lagi jika tidak ditangani dengan baik. Sakit bahu merupakan masalah yang umum terjadi dengan sejumlah penyebab yang berbeda. Siapapun bisa mengalami keluhan ini, baik itu pria, wanita, dan anak-anak dari berbagai jenis latar belakang etnis.

Ada beragam jenis penyebab bahu nyeri, muali dari kondisi ringan seperti pegal linu, atau salah posisi tidur, hingga kondisi yang cukup parah seperti arthritis, tulang rawan robek, serta cedera. Selain itu, saraf bahu terjepit juga bisa menjadi salah satu penyebab nyeri bahu yang paling sering terjadi.

Biasanya kondisi ini terjadi ketika struktur tulang dan jaringan pada bahu menekan saraf di sekitarnya. Saraf bahu terjepit bisa timbul ketika tulang dan jaringan di sekitar bahu mengalami pembengkakan sehingga akhirnya menekan saraf yang ada di sepanjang tulang belakang, leher, dan bahu.

Itulah sebabnya mengapa secara tidak langsung kondisi saraf terjepit di bahu ini bisa memengaruhi fungsi leher dan tulang belakang. Bahkan, saraf yang seharusnya bertugas untuk menghantarkan sinyal dari otak dan menuju ke otak pun bisa terganggu.

Saraf Bahu Terjepit

Cara Efektif Mengatasi Saraf Bahu Terjepit

Sebagian besar kasus saraf terjepit pada bahu pada dasarnya akan sembuh dengan sendirinya seiring berjalannya waktu. Namun, sebelum memberikan pengobatan, dokter tetap akan mempertmbangkan penyebab dan tingkat keparahan yang ditimbulkan sesuai dengan kondisi yang Anda alami.

Biasanya Anda akan diresepkan obat anti inflamasi nonsteroid, seperti ibuprofen dan naproxen, ataupun obat kortikosteroid orah atau melalui suntikan. Terapi fisik juga bisa menjadi pilihan selanjutnya untuk membantu mengurangi kekuatan otot dan memperluas pergerakan anggota gerak. Jika perawatan non-bedah tersebut tidak kunjung memberikan hasil positif, maka dokter bisa menempuh jalan lain dengan melakukan tindakan operasi.

Baca juga : Obat Pegal Linu di Bahu

Selain dengan perawatan medis, Anda juga bisa melakukan beberapa perawatan saraf bahu terjepit sendiri di rumah untuk meredakan nyeri. Beberapa cara mengatasi saraf bahu terjepit sederhana yang bisa dilakukan di rumah, yaitu :

  • Kompres dengan es di bagian yang sakit. Anda bisa menggunakan es sebagai bahan alami untuk mengatasi saraf terjepit. Caranya, masukkan es ke dalam kantong dan simpan di daerah yang sakit. Es dipercaya mampu mengatasi peradangan dan pembengkakan saraf terjepit. Selain itu, es juga bisa membantu menghentikan rasa sakit dan membuat daerah yang mati rasa menjadi lebih sensitif terhadap rangsangan. Setelah melakukan terapi dengan es batu, istirahatlah dan jangat banyak bergerak.
  • Terapi bahu juga bisa dilakukan untuk memperbaiki sistem mobilitas bahu dan membuat jaringan di sekitar bahu menjadi lebih baik. Anda bisa melakukan gerakan mengangkat bahu dalam waktu tertentu. Terapi ini tampak sepelen, namun jika dilakukan secara teratur mampu meningkatkan perbaikan saraf terjepit dengan cepat. Anda bisa memulai latihan dengan mengangkat bahu beberapa menit, kemudian memutar bahu secara penuh dan lakukan selama 5 samapi 10 menit. Latihans ingkat ini sangat dianjurkan dilakukan secara terus menerus.
  • Latihan untuk memperkuat jaringan ikat di sekitar leher dan bahu. Jaringan ikat di sekitar saraf terjepit biasnaya juga menjadi meradang. Peradangan yang parah hanya akan menjadikan saraf terjepit menjadi lebih buruk. Beberapa jenis latihan yang paling direkomendasikan yaitu melakukan gerakna pada tangan dan leher. Anda bisa maencoba gerakan memutar leher secara perlahan dan kemudian melakukan terapileher dalam waktu tertentu. Terapi untuk memperbaiki postur tubuh juga bisa dilakukan untuk mengatasi rasa sakit.
  • Latihan relaksasi juga sangat dianjurkan unruk semua penderita saraf terjepit. Caranya yaitu dengan membuat Anda menjadi sangat santai, seperti gerakan meditasi. Tegakkan posisi leher dan atur bagian bahu pada posisi tubuh yang alami. Tahan posisi ini selama beberapa menit. Untuk menciptakan efek yang menenangkan, Anda juga bisa memainkan musik slow. Terapi ini akan membantu mengurangi rasa sakit pada bahu.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi saraf bahu terjepit yang bisa dilakukan. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat dan bisa menjadi solusi terbaik untuk membantu mengatasi keluhan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*