Cara Mencegah Capek dan Pegal Linu saat Aktivitas Padat

Cara Mencegah Capek dan Pegal Linu saat Aktivitas Padat,- Padatnya aktivitas seringkali membuat badan terasa pegal linu dan lelah. Terlebih lagi bagi mereka para pekerja aktif. Mobilitas kerja tinggi, jadwal kerja yang padat dan sering lembur ataupun kerja berat dan olahraga juga bisa menyebabkan pegal linu.

Membahas mengenai capek dan pegal linu, banyak orang yang terkadang salah mengartikan atau menganggap keduanya memiliki makna yang sama, padahal sangat berbeda. Capek merupakan kondsii dimana tubuh tidak memiliki tenaga akibat banyaknya energi yang dikeluarkan. Penyembuhannya cukup dengan beristirahat atau mengonsumsi makanan berenergi.

Sedangkan pegal linu merupakan sebuah gejala atau keluhan subjektif berupa sensasi nyeri atau kaku pada sendi. Pada pemeriksan, biasanya tidak ditemukan kelainan sendi yang jelas atau tampak normal.

Gangguan ini bisa terjadi pada sendi itu sendiri atau jaringan penyokong di sekitarnya seperti ligamen, tendon, tulang, dan otot. Pegal linu sering kali terjadi pada mereka yang bekerja di luar batas kemampuan dan melakukan gerakan olahraga yang salah atau berlebihan sehingga sendi menegang, terkilir, atau mengalami dislokaosi.

Nah, sebelum capek dan pegal linu menyerang, lakukan beberapa cara mencegah capek dan pegal linu saat aktivitas padat berikut ini :

Lakukan peregangan otot

Sebelum memulai aktivitas, sebaiknya lakukan peregangan otot selama 10-15 menit. Otot yang perlu diregangkan diantaranya adalah otot leher, bahu, lengan, dan tungkai bawah. Begitu juga saat bekerja, hindari diam dan duduk terlalu lama.

Jangan membawa barang terlalu berat

Berat bawaan yang dianjurkan adalah maksimal lebih berat 5-10% dari berat badan Anda. Misalnya, jika baerat badan 50 kg, maka tubuh dapat membawa beban 2-5 kg. Lebih dari itu, Anda bisa berisiko terkena cedera otot. Anda juga perlu menghindari membawa barang di atas kepala atau bahu. Sebaiknya gunakan ransel atau tas jinjing.

Atur posisi duduk

Bagi Anda yang menghabiskan banyak waktu untuk duduk, maka duduknya dengan posisi tegak dan menghadap ke depan, tidak miring, atau bungkuk. Usahakan kaki dapat diluruskan dengan mudah.

Untuk mencegah sakit punggung bawah dan pegal di leher, tempatkan bantal kecil atau gulungan handuk di belakang pinggang dan leher. Selain itu, hindari menggunakan sepatu atau alas kaki yang terlalu sempit agar peredaran darah tetap lancar.

Tidur dan minum yang cukup

Salah satu penyebab pegal saat bekerja adalah kurang tidur. Anda perlu istirahat cukup sebelum memulai pekerjaan. Pastikan juga untuk minum air yang cukup selama bekerja. Pasalnya dehidrasi akan membuat tubuh mudah terasa pegal.

Konsumsi herbal

Untuk membantu mencegah dan mengatasi pegal linu, Anda bisa mengonsumsi obat herbal yang berasal dari bahan alami. Salah satu obat pegal linu herbal yang bisa membantu yaitu QnC Jelly Gamat. Ini merupakan produk herbal terbaik yang dibuat dari 100% bahan alami pilihan serta kaya akan kandungan nutrisi serta kahsiat yang luar biasa bagi kesehatan dan pengobatan.

QnC Jelly Gamat juga memiliki beragam keunggulan lain, seperti diproses dengan teknologi higienis yang ramah lingkungan tanpa campuran bahan kimia obat (BKO) yang berbahaya. Juga telah memiliki legalitas resmi dari BPOM dengan no. registrasi POM TR 173301471 dan juga bersertifikat HALAL MUI. Jadi, Anda tidak perlu ragu lagi dengan kualitas dan keamannya.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*