Cara Mengatasi Pegal Di Punggung Saat Hamil Tua

Nyeri atau pegal punggung pada ibu hamil merupakan hal yang umum dialami dan bisa menjadi pertanda yang baik, yaitu janin dalam rahim sedang tumbuh. Semakin besar janin tumbuh, maka beban pad apunggung juga akan semakin besar. Keluhan ini akan semakin signifikan pada trimester akhir kehamilan, yaitu ketika memasuki usia 6-9 bulan. Hal ini disebabkan karena membesarnya rahim dan pertumbuhan janin, serta titik berat tubuh cenderung menjadi condong ke depan.

Cara Mengatasi Pegal Di Punggung Saat Hamil Tua

Pada beberapa ibu hamil, nyeri punggung ini terkadang sangat mengganggu dan terkadang juga disertai dengan sesak napas, namun bukan asma, terutama pada sore ataupun malam hari. Pada wanita hami, sesak biasanya terjadi karena peningkatan tekanan pada rongga abdomen dengan bertambah bersarnya kandungan. Hal ini tentu akan mengganggu ritinitas sehari-hari dan juga akan mengganggu waktu tidur di malam hari.

Lalu, bagaiman cara mengatasinya ? Kali ini obatpegallinu.com akan membagikan informasi lengkap mengenai cara mengatasi pegal di punggung saat hamil tua.

Tips Cara Mengatasi Pegal di Punggung Saat Hamil Tua

Selama hamil, tubuh ibu menghasilkan hormon relaxin yang membuat ligamen penyokong tulang belakang menjadi tidak stabiil, sehingga menimbulkan nyeri di bagian tulang belakang. Berikut ini beberapa cara mengatasi pegal di punggung saat hamil tua yang bisa ibu coba :

  • Perhatikan Posisi Tubuh

Wanita hamil tidak disarankan untuk berdiri terlalu lama. Namun, jika harus dilakukan, sebaiknya pilih sepatu yang datar dengan alas kaki yang cukup lebar untuk mencegah terjadinya pembengkakan. Sedangkan bagi wanita hamil yang dituntut untuk duduk dalam waktu yang lama, sebaiknya duduk dengan posisi yang tepat. Duduklah dengan posisi pinggul dan punggung bawah menyentuh bagian belakang kursi. Ketika duduk, pastikan lutut membentuk 90 derajat. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan bantal diantara punggung bawah dan kursi guna menjaga leher dan kepala agar tidak membungkuk.

  • Olahraga

Melakukan olahraga secara teratur bisa memperkuat dan meningkatkan fleksibilitas otot. Aktivitas itu juga bisa mengurangi stress pada tulang belakang. Jenis olahraga yang bisa bantu atas pegal saat hamil diantaranya yaitu jalan kaki, berenang, dan bersepeda statis. Dokter atau ahli terapi fidik dapat merekomendasikan jensi latihan lainnya untuk memperkuat punggung dan perut.

  • Tidur Menyamping

Ibu hamil sebaiknya tidur menyamping, jangan tidur dengan punggung. Pastikan salah satu atau kedua lutut tertekuk. Menempatkan satu bantal diantara lutut dan bagian tubuhnya dibawah perut juga bisa membantu posisi tidur Anda. Atau gunakan bantal yang seukurang dengan tubuh.

Baca Juga : Obat Tradisional Pegal Linu Di Belikat

  • Mengangkat Benda dengan Posisi yang Tepat

Ketika hendak mengangkat benda yang kecil, berjongkoklah lalu angkat benda dengan menggunakan kaki Anda. Jangan menekuk dibagian pinggang atau angkat dengan punggung Anda. Penting pula untuk tahu batasan kesanggupan Anda. Jika Anda merasa tidak sanggup, maka Anda bisa mencari bantuan orang lain untuk meringankan beban Anda.

  • Kompres Panas dan Dingin

Kompres panas dan dingin dipunggung juga bisa membantu meringankan nyeri yang dialami oleh ibu hamil. Caranya adalah dengan meletakkan kompres dingin, seperti handuk yang berisi es atau sayuran beku, lalu tempelkan di daerah yang sakit selama 20 menit. Lakukan beberapa kali dalam sehari. SEtelah melakukan kompres dingin 2-3 hari, Anda bisa beralih dengan menggunakan kompres hangat. Caranya adalah dengan menempelkan bantal pemanas atau botol yang berisi air panasdi daerah yang sakit.

Itulah beberapa cara mengatasi pegal di punggung saat hamil tua. Pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter Anda untuk bisa mendapatkan solusi terbaik untuk mengatasi keluhan Anda selama kehamilan. Tidak hanya dengan beberapa tips di atas, Anda juga bisa memanfaatkan QnC Jelly Gamat untuk mengatasi pegaldi punggul saat hamil tua secara alami dan efektif. Informasi lengkapnya, bisa lihat DISINI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*