Cara Mudah Atasi Pegal-Pegal Karena Terlalu Lama Duduk

Cara Mudah Atasi Pegal-Pegal Karena Terlalu Lama Duduk,- Sebagian pekerja kantoran sering menghabiskan banyak waktu dengan duduk di depan komputer. Pekerjaan di kantor membuat mereka duduk sepanjang hari, menghadap komputer dan membuat tubuh menjadi kaku dan nyeri. Selain mengakibatkan nyeri dan pegal-pegal di pinggang, duduk terlalu lama juga bisa menyebabkan tulang keropos, sakit kepala dan nyeri punggung.

Duduk terlalu lama di depan komputer dengan posisi yang tidak tepat juga akan membuat tubuh menjadi mudah lelah, nyeri dan pegal pada tangan, punggung, tengkuk, bahkan kaki. Terlalu lama membungkuk bahkan bisa menyebabkan gangguan pada postur tubuh, jari-jari tangan juga bisa menjadi kaku.

Untuk menghindari dampak negatif akibat duduk terlalu lama di depan komputer, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Berikut ini merupakan cara mudah atasi pegal-pegal karena terlalu lama duduk yang bisa dilakukan, diantaranya :

  • Jaga jarak

Sebagian besar orang yang terlalu lama menghabiskan waktu di depan komputer akan secara tidak sadar semakin lama semakin mendekatkan pandangannya. Mendekatkan kepala berarti leher harus terjulur agar lebih dekat dengan monitor, dan bisa membuat leher dan tulang belakang tegang. Sebaiknya, posisikan kepala tegak dengan badan, sejajarkan posisi dagu dengan dada.

  • Atur posisi monitor

Menurut Dr. Jim Sheedy, direktur dari Vision Performance Institute di Pacific University, bagian atas monitor atau layar seharusnya sejajar dengan pandangan mata kita. Posisi harus sejajar agar panjangan mata bergerak sekitar 10 derajat ke bawah. Jika tidak, maka kita akan sering menunduk sehingga bisa memicu sakit pada leher dan punggung. Monitor yang terlalu tinggi juga bisa menyebabkan sindrom mata kering.

  • Berjalan-jalan

Berdiri sejenak memang cukup untuk mengurangi lelah, namun lebih baik lagi jika kita juga berjalan-jalan sejenak. Menurut penelitian yang dilakukan oleh National Institute of Health, kantor yang juga menyediakan treadmill di dekat ruang kerja akan memicu para pekerjanya untuk membakr hingga 100 kalori yang terkumpul setiap duduk di depan layar komputer setiap jamnya.

  • Berdiri sejenak

Beri tubuh waktu sejenak untuk beristirahat setelah duduk lama dli depan komputer. Berdiri sejenak untuk meregangkan kembali tubuh kita, seperti yang direkomendasikan oleh Mayo Clinic. Menurut penelitian, berdiri untuk beristirahat sejenak dari depan layar komputer bisa membuat kita lebih segar dan juga tidak mudah lelah.

  • Manajemen waktu

Apakah Anda pernah mendengar istilah teknik podomoro ? Teknik podomoro dilakukan untuk mengatur waktu dan tugas dengan membuat blok-blok waktu setiap 25 menit. Gunakan teknik ini dan lanjutkan dengan istirahat 5 menit setiap selesai blok waktu.

Baca juga :

Penyebab Pekerja Kantoran Rawan Pegal-Pegal
Obat Tradisional Pegal Panggul pada Pria dan Wanita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*