Cara Mudah Cegah Badan Pegal Linu saat Bangun Tidur

Cara Mudah Cegah Badan Pegal Linu saat Bangun Tidur,- obatpegallinu.com – Manusia menghabiskan sepertiga dari waktu hidupnya dengan tidur. Tidur bukan saja karena kelelahan tetapi juga karena kebiasaan dan pola hidup. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari tidur, salah satunya memeprbaiki sel-sel tubuh yang rusak, dan tentunya menghilangkan rasa lelah setelah beraktivitas seharian.

Tidur secara cukup di malam hari memang bisa membantu mengembalikan energi dan membuat tubuh terasa lebih segar saat bagung di pagi hari. Namun, sayangnya ada beberapa orang yang justru merasakan tubuh pegal linu saat bangun tidur di pagi hari.

Cara Cegah Badan Pegal Linu

Tentu saja hal ini bisa membuat siapa pun merasa tidak nyaman. Agar Anda bisa lebih semangat memulai hari, berikut ini merupakan beberapa cara cegah badan pegal linu saat bangun tidur yang mudah untuk dilakukan, yaitu :

  • Mandi air hangat

Badan pegal saat bangun tidur disebabkan karena otot-otot di seluruh tubuh menegang setelah berjam-jam dalam posisi yang sama. Terlebih lagi jika Anda berolahraga terelbih dahulu sebelum tidur.

Nah, untuk mencegah badan pegal linu saat bangun tidur di malam hari, sebaiknya mandilah dengan air hangat sebelum tidur. Suhu hangat bisa melebarkan pembuluh darah sehingga suplai oksigen dalam darah lebih mudah mencapai daerah yang sakit.

Hal ini akan membantu merilekskan otot yang tegang dan mengurangi atau mencegah rasa nyeri. Mandi anir hangat juga akan mengurangi kekakuan dan meningkatkan rentang gerak bagian tubuh yang terasa nyeri.

Setelah mandi, keringkan tubuh dan gunakan pakaian tidur yang longgar. Jangan lupa untuk melakukan meditasi sekitar 10 menit. Tubuh dan pikiran yang sama-sama rileks bisa membuat Anda tidur lebih nyenyak. Dengan begitu, maka Anda bisa bangun di pagi hari dengan tubuh yang terasa lebih segar.

Baca juga : Penyebab Badan Pegal Setelah Bangun Tidur

  • Ubah posisi tidur

Posisi tidur yang tepat bisa menjauhkan kita dari keluhan badan pegal saat bangun tidur di pagi hari. Jika terbiasa tidur dengan posisi tengkurap, maka sebaiknya cobalah untuk mulai merubah posisi tidur dengan miring ke sisi kiri aatu telentang.

Tidur dengan posisi tengkurap dalam waktu yang lama bisa menekan otot leher sehingga jadi terasa kaku atau sakit ketika bangun di pagi hari.

  • Pilih bantal yang tepat

Bantal yang baik bisa membantu kita tidur lebih nyenyak. Menggunakan bantal yang berbahan licin, misalnya, bisa membuat kepala mudah bergeser ke samping. Jadi, pilihlah bantal yang padat tetapi tetap empuk agar bisa mempertahankan posisi kepala dengan baik sepanjang malam.

Perlu diingat, hindari menggunakan bantal yang terlalu tebal dan tinggi, yang bisa membuat otot leher terasa kaku dai pagi hari.

  • Atur kecepatan kipas angin atau temperatur AC

Sirkulasi udara kamar yang pengap membuat kita merasa gelisah karena kepanasan saat tidur. Begitu juga sebaliknya. Suhu kamar tidur yang terlalu dingin juga bisa membuat tidur tidak nyenyak karena kita terus-terusan menggigil. Akibatnya, otot menjadi tegang, kaku, dan terasa sakit pada keesokan harinya.

Menurut penelitian, suhu kamar yang ideal saat tidur malam adalah 18-22 derajat celcius. Jika Anda tidur menggunakan kipas angin, maka pastikan juga jangan meletakkan kipas angin terlalu dekat dengan tempat tidur. Paparan angin yang terus menerus bisa membuat badan pegal saat bangun tidur.

Itulah beberapa cara mencegah badan pegal linu saat bangun tidur di pagi hari yang bisa dilakukan. Dengan melakukan beberapa cara tersebut, maka Anda bisa tidur dengan lebih nyenyak dan berkualitas serta bangun dengan tubuh yang lebih segar. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*