Cedera Lutut : Penyebab dan Cara Mengatasinya

obatpegallinu.com,- Cedera lutu merupakan salah satu hal yang bisa menyerang salah satu bagian dari struktur penyusun lutut. Bagian-bagian yang menyusun lutut antara lain ligamen, tulang rawan, dan tulang bekas.

Beberapa cedera lutut yang menimpa lutut sering kali timbul ketika berolahraga. ACL atua anterior cruciate ligament merupakan bagian yang paling sering terserang.

Ketika lutut mengalami cedera, biasanya akan menimbulkan rasa nyeri, memar, atau bengkak. Ketiga hal tersebut bisa dialami selang beberaa menit setelah seseorang mengalami cedera lutut. Terjepitnya jaringan saraf atau rusaknya pembuluh darah merupakan dua kondisi yang umumnya terjadi dan menjadi penyebab rasa sakit.

Cedera Lutut  Penyebab dan Cara Mengatasinya

Akibat lain yang biasa ditimbulkan akibat cedera lutut adalah mati rasa pada kaki bagian bawah. Selain tu, kaki bagian bawah juga bisa jadi merasakan lemah, dingin, kesemutan, kebiruan, atau pucat.

Penyebab cedera lutut secara tiba-tiba bisa disebabkan karena benturan langsung pada lutut. Selain itu, lutut bisa mengalami cedera karena menjadi tumpuan saat memutar tubuh, jatuh, atau menekuk lutut. Cedera lutut secara tiba-tiba biasa disebut dengan cedera akut.

Penyembuhan cedera lutut akan lebih efektif jika dilakukan lebih awal. Maka dari itu, kita perlu mengetahui tanda-tanda jika lutut mengalamicedera. Tanda-tanda lutut mengalami cedera yaitu terasa nyeri yang hebat pada bagian lutut, bagian kaki terasa agak kaku sehingga sulit digerakan, pada bagian yang cedera berwarna kemerahan hingga kebiruan dan disertai pembengkakan, dan kaki sulit digerakkan dengan gerakan kaki menjadi tidak stabil.

Pengobatan dan Pencegahan Cedera Lutut

Setelah mengetahui penyebab dan tanda-tanda cedera lutut, maka dokter baru bisa memberikan pengobatan yang sesuai berupa :

Obat-obatan, misalnya analgesik untuk meredakan sakit maupun suntikan kortikosteroid atau pelumas
Terapi fisik untuk melatih dan menguatkan otot
Operasi

Baca Juga : Obat Betis Pegal dan Linu pada Sendi Lutut

Selain penanganan medis tersebut, ada beberapa cara yang bisa penderita lakukan di rumah untuk mempercepat pemulihan sekaligus pencegahan komplikasi, seperti diantaranya adalah :

  • Banyak istirahat agar lutut terhindar dari tekanan, sehingga cedera dapat pulih dengan lebih cepat
  • Mengompres lutut dengan es. Langkah ini bisa mengurangi rasa sakit, sekaligus inflamasi
  • Meminimalisir gerakan pada lutut, misalnya dengan menggunakan bebat
  • Menaruh kaki yang cedera pada posisi yang lebih tinggi, misalnya dengan meletakkan kaki di atas bantal. Cara ini bisa membantu mengurangi pembengkakan.

Sakit dan cedera lutut dapat dicegah dengan langkah-langkah sederhana, misalnya dengan selalu pemanasan sebelum olahrag serta melakukan peragangan setelah berolahraga dan jangan lupa untuk mengganti sepatu olahraga yang telah rusak. Menjauhi jenis olahraga atau aktivitas yang berpotensi memicu cedera juga penting. Jika Anda ingin meningkatkan aktivitas olahraga, sebaiknya lakukanlah secara bertahap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*