Faktor Penyebab dan Cara Mengatasi Kaki Terasa Linu

Obat Pegal Linu,- Secara umum, aktivitas yang terlalu berat bisa menyebakan kinerja otot kaki menajdi kaku dan linu. Kondisi ini biasanya dialami sering dialami oleh orang dewasa ataupun lanjut usia. Namun, faktanya, kaki yang terasa linu sering juga dialami pada usia muda.

Kaki linu yang tidak segera diobati terkadangb isa berubah menjadi pembengkakan pada kaki atau mungkin akan menjalar ke otot yang lain hingga menyebabkan rasa linu tersebut juga dirasakan oleh anggota tubuh lainnya seperti paha atau punggung.

Beberapa Faktor Penyebab dan Cara Mengatasi Kaki Terasa Linu

faktor-penyebab-dan-cara-mengatasi-kaki-terasa-linuAda beberapa faktor yang bisa menimbulkan rasa linu pada kaki, baik itu disebabkan karena faktor dari luar atau juga bisa disebabkan karena adanya reaksi tubuh dari dalam. Berikut ini merupakan beberapa faktor penyebab kaki terasa linu :

Keseleo

Bisa dikatakan ini merupakan faktor yang paling umum atau yang paling sering terjadi sebagai penyebab rasa linu pada kaki. Ketika mengalami keseleo, maka saat itu juga otot akan mengalami pengerasan secara cepat dan spontan. Ketika bagian yang keseleo itu mendapatkan tekanan ketika beraktifitas, biasanya kaki akan terasa lebih linu. Jika peregangan otot itu tergolong parah, kebanyakan kaki seseorang juga akan membengkak.

Ibu hamil

Kebanyakan ibu hamil akan sering mengalami rasa linu pada kaki, karena bayi yang ada dalam kandungan itu akan terus menyerap kalsium-kalsium pada seluruh tulang yang ada dalam tubuh, terlebih tulang besar seperti yang ada pada kaki. Jika zat kalsium yang ada pada tulang ibu kurang, maka rasa linu itu juga akan semakin terasa. Itulah sebabnya mengapa ibu hamil dianjurkan unruk banyak-banyak mengonsumsi makanan yang bisa menghasilkan kalsium bagi tubuh mereka.

Terjadi iritasi pada saraf tulang

Biasanya ini sering terjadi ketika suhu udara terlalu dingin, sehingga akan mengakibatkan tulang terasa linu. Sedangkan bagian tubuh yang seringkali merasakannya adalah bagian belakang lutut. Tulang yang kedinginan itu berpengaruh pada saraf tulang yang akhirnya membuat sendi-sendi tulang mengalami peradangan hingga membuat rasa linu akan semakin terasa sakit.

Spinal stenosis

Kondisi ini merupakan suatu gangguan atau bisa jadi justru kerusakan yang terjadi pada sekitar tulang belakang sehingga bisa memancing pegal-pegal, rasa nyeri otot pada bagian kaki. Jika tidak segera ditangani, biasanya kondisi ini akan menyeabbakn penderita sulit untuk tidur.

Saraf tulang ekor yang mengalami gangguan

Ketika saraf-saraf pada tulang ekor mengalami gangguan, maka saraf yang ada pada kaki yang mana saraf-saraf tersebut juga saling terhubung akan mempengaruhi elastisitas tulang di setiap gerakannya. Biasanya akan ditandai dengan gejala sering mengalami kram otot pada kaki.

Sindrom priformis

Gangguan yang satu ini biasanya dialami oleh kebanyakan orang di usia lanjut, yang mana ketika mereka muda pernah mengalami kecelakaan atau jatuh, atau bisa jadi juga karena benturan. Dan ketika sudah menginjak usia dewasa, maka otot-otot priformis mereka sering mengalami gangguan.

Sementara itu, untuk mengatasinya, ada beberapa bahan alami yang bisa dimanfaatkan sebagai obat linu di kaki, diantaranya adalah minyak cengkih dan bawang putih. Dua bahan ini terbukti efektif untuk mengobati kaki yang terasa linu. Cara menggunakannya pun cukup mudah, diantaranya :

  • Anda bisa menghangatkan minyak cengkih terlebih dahulu sebelum digunakna. Selagi hangat, oleskan minyak ke bagian kaki yang terasa linu. Akan lebih baik lagi jika Anda juga memberika pijatan-pijatan ringan ketika mengoleskannya.
  • Untuk mendapatkan manfaat dari bawang putih, Anda bisa menghaluskannya terlebih dahulu, kemudian oleskan ke bagian kaki yang linu. Di dalam bawang putih ini terdapat kandungan anti peradangan dan cairan yang menyerap ke dalam tubuh ketika kita oleskan. Itulah yang akan membantu melemaskan otot-otot yang mengalami peradangan.

Itulah beberapa faktor penyebab dan cara mengatasi kaki yang terasa linu. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat dan membantu dalam mengatasi kaki yang terasa linu secara efektif. Semoga lekas sembuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*