Gerakan Olahraga yang Bisa Bantu Atasi Pegal Saat Hamil

Bertambahnya beban yang harus ditopang dan perubahan bentuk tubuh sering membuat ibu hamil mengalami pegal disekitar area punggung, pinggang, hingga pinggul. Sehingga hal tersebut membuat ibu tidak nyaman menjalani kehamilannya. Mengonsumsi obat pegal biasanya menjadi cara yang paling mudah dan efektif untuk mengatasi pegal. Namun, ibu hamil tidak boleh mengonsumsi obat sembarangan. Lalu, bagaimana cara mengatasi pegal pada saat hamil ? Yaitu dengan melakukan beberapa gerakan olahraga yang bisa bantu atasi pegal saat hamil.

5 Gerakan Olahraga yang Bisa Bantu Atasi Pegal Saat Hamil

Gerakan Olahraga yang Bisa Bantu Atasi Pegal Saat Hamil

Terdapat 5 gerakan olahraga yang bisa membantu menghilangkan nyeri pada punggung, pinggul, sekaligus menguatkan otot di area tersebut yang bisa dilakukan oleh ibu hamil, diantaranya :

Pelebaran Pinggul

Ini merupakan salah satu olahraga pinggul yang efektif untuk memperkuat pinggul. Cara melakukannya, berdirilah di dekat meja atau kursi dengan kaki terbuka. Kemudian tekuk pingging Anda ke depan hingga posisi 45 derajat. Untuk menjaga keseimbangan, pastikan Anda memegang kursi atau meja. Setelah itu, angkat kaki kiri lurus ke belakang. Jangan ubah posisi Anda. Hindari juga untuk menekuk lutut. Tahan selama beberap detik, kemudian turunkan kaki kiri secara perlahan. Ulangi geragan tersebut secara bergantian dengan kaki kanan.

Angkat Satu Kaki

Berdirilah telah dibelakang sebuah meja atau kursi dengankaki terbuka. Kemudian angkat salah satu kaki ke arah samping. Anda dapat berpegangan pada meja atau kursi untuk menjaga keseimbangan. Setelah itu, urunkan kaki secara perlahan. Ulangi dengan satu kaki yang lainnya. Lakukan hingga 10 sampai 15 kali untuk setiap kaki.

Duduk

Gerakan ini dapat membantu untuk menghilangkan rasa tidak nyaman pada pinggul saat hamil. Duduklah di lantai dengan lutut terbuka, sedangakn ke dua telapak kaki tetap rapat. Gerakkan telapak kaki ke depan dan ke posisi semula. Kemudian tekuk atau angkat kaki Anda ke depan hingga Anda merasakan peregangan pada area pinngul. Tahan posisi tersebut hingga 5 detik. Kemudian berdiri tegak dan ulangi gerakan tersebut hingga 20 kali.

Baca Juga : Obat Pegal Di Tubuh Akibat terjatuh

Peregangan Pinggul

Peregangan pinggul dapat membantu untuk menguatkan otot pinggul Anda. Caranya dengan berdiri tegak di belakang kursi atau meja. Kemudian tekuk lutut kiri secara perlahan dan angkat ke arah dada senyaman mungkin. Pastikan Anda berdiri tegak dan tidak membungkukkan tubuh. Tahan selama beberapa detik, kemudian turunkan lutut secara perlahan hingga ke posisi semula. Dan ulangi dengan lutut kanan. Lakukan gerakan tersebut secara bergantian hingga 15 kali perlutut.

Peregangan Lutut

Anda bisa melakukan gerakan ini di lantai. Lakukan denganmeletakkan lutut dan kedua tangan menyentuh lantai. Kemudian tundukkan kepala hingga menyentuh lantai, seperti gerakan sujud. Lakukan gerakan ini secara perlahan, agar tidak menimbulkan rasa sakit pada ligamen dan otot. Gerakan yang terburu-buru juga bisa membuat darah secara tiba-tiba mengalir ke kepala dan dapat membuat Anda merasa pusing atau hilang keseimbangan.

Perlu diperhatikan, pastikan Anda untuk berkonsultasi terlebih dahulu sebelum melakukan gerakan olahraga yang bisa bantu atasi pegal saat hamil tersebut. Segera hentikan latihan hika Anda merasa tidak nyaman. Gerakan-gerakan olahraga tersebut diharapkan bisa meringankan rasa pegal dan nyeri, serta mampu meningkatkan kekuatan otot pada area punggung dan pinggul. Semoga bisa membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*