Ingin Kesehatan Tulang Tetap Terjaga? Hindari Makanan Ini!

Ingin Kesehatan Tulang Tetap Terjaga? Hindari Makanan Ini!,- Memiliki tulang yang sehat dan kuat merupakan impian semua orang. Pasalnya, dengan tulang yang sehat dan kuat akan membuat tubuh tetap prima meskipun termakan usia. Maka dari itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang, sendi, dan otot. Namun, perlu diketahui, bertambahnya usia dan aktivitas kesibukan yang meningkat seringkali berpengaruh pada kesehatan tulang seseorang.

Mungkin banyak yang beranggapan bahwa masalah tulang akan terjadi pada lansia saja. Namun, jangan salah, pasalnya saat ini penyakit tulang juga bisa menyerang siapa saja dan kapan saja. Meskipun Anda terbilang masih muda, namun Anda juga memiliki risiko mengalami penyakit tulang jika tidak memperhatikan asupan makanan secara benar.

Pasalnya, selain gaya hidup atau aktivitas berat, penyakit tulang juga bisa terjadi karena faktor makanan yang dikonsumsi. Nah, untuk mengurangi risiko tersebut, maka sebaiknya Anda mengetahui makanan apa saja yang berisiko memicu timbulnya penyakit tulang. Dan berikut ini merupakan makanan yang harus dihindari jika ingin kesehatan tulang tetap terjaga, diantaranya :

  • Soda

Jangan pernah mengonsumsi soda secara berlebihan. Seperti yang telah diketahui, minuman bersoda dapat menimbulkan dampak negatif bagi tubuh. Jika Anda termasuk salah satu penggemar soda, maka mulailah untuk menguranginya dari sekarang. Karena, dari berbagai sumber menyebutkan jika soda bisa membuat pengeroposan tulang pada tubuh manusia. Dengan tulang yang keropos, maka semakin besar kemungkinan Anda mengalami patah tulang.

  • Kafein

Dari hasil penelitian yang dilakukan pada tahun 2016, terbukti bahwa orang yang sering mengonsumsi kafein memiliki potensi meurunnya kepadatan tulang. Terlebih lagi pada wanita yang telah mengalami menopause. Denagn semakin banyaknya mengonsumsi kafein, maka semakin banyak pula kalsium yang hilang. Maka dari itu, kurangi konsumsi kafein untuk menjaga agar tulang Anda tetap sehat.

  • Garam

Menurut hasil penelitian, makanan yang mengandung garam tinggi sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh, khususnya tulang. Ketika tubuh mendapatkan asupan garam terlalu banyak, maka akan semakin banyak pula kalsium yang terbuang. Padahal kalsium berfungsi sebagai penjaga kesehatan tulang. Jika kalsium sampai berkurang, maka Anda bisa tahu sendiri apa yang akan terjadi.

Selain beberapa jenis makanan yang telah disebutkan di atas, sebaiknya Anda juga menghindari mengonsumsi alkohol dan merokok agar tulang tetap sehat. Pasalnya, merokok dapat mengganggu penyerapan kalsium, sehingga kalsium yang disimpan dalam tubuh bisa terbuang sia-sia. Sedangkan alkohol bisa membuat Anda berisiko lebih tinggi terkena osteoporosis.

Penting untuk mengetahui cara menjaga kesehatan tulang. Dengan langkah-langkah sederhana, seperti menjaga pola makan, maka Anda bisa memastikan kesehatan tulang dan mengurangi risiko penyakit tulang. Jika Anda menemukan tanda-tanda tulang melemah, maka segeralah periksakan diri ke dokter.

Baca juga :

Konsumsi Makanan Ini Bantu Sehatkan Sendi, Tulang, dan Otot
Obat Pegal Tulang Punggung Herbal
Obat Herbal Penghilang Pegal Linu di Tulang Belakang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*