Ini Penyebab Kenapa Pekerja Kantoran Rawan Pegal-Pegal

Ini Penyebab Kenapa Pekerja Kantoran Rawan Pegal-Pegal,- Bagi mereka yang bekerja kantoran tidak jarang lebih banyak menghabiskan waktu duduk untuk mengerjakan tugas dan kurang aktif bergerak. Maka tak heran jika para pekerja kantoran seringkali mengeluhkan tubuh pegal-pegal.

Ada beberapa penyebab kenapa pekerja kantoran rawam pegal-pegal, diantaranya :

  • Kekurangan cairan

Bekerja di depan komputer selama berjam-jam memerlukan banyak energi. Jika orang tersebut lupa minum, maka akan mengalami kurang cairan. Kekurangan cairan tubuh, terutama elektrolit, dapat memicu nyeri otot dan pegal-pegal. Jika kondisi ini dikombinasikan dengan postur tubuh yang buruk, maka pegal yang dirasakan akan semakin parah.

  • Posisi tubuh yang buruk

Kebiasaan duduk dengan punggung membungkuk, miring ke satu sisi, leher terlalu menunduk, dan terkadang lupa untuk melakukan peregangan ringan dapat memicu timbulnya pegal-pegal. Hal ini terjadi karena posisi-posisi tersebut membuat otot menjadi bekerja lebih keras hingga kelelahan. Akibatnya, pegal-pegal pun tidak bisa dihindari.

  • Stres

Sebuah studi yang dilakukan di Hongkong menyebutkan bahwa pekerja kantoran yang sering stres bisa mengalami peningkatan risiko pegal-pegal sebesar 67%. Selain itu, pekerja yang harus menghadapi beban pekerjaan berat setiap harinya juga berisiko 2,5 kali lipat lebih besar untuk mengalami keluhan pegal-pegal ataupun nyeri pinggang.

Maka dari itu, bagi Anda yang bekerja di kantoran, alangkah baiknya untuk selalu memperhatikan posisi tubuh dengan baik saat bekerja. Selain itu, lakukan relaksasi sejenak untuk menghindari stres dan pastikan juga untuk minum air putih secara cukup, minimal 8 gelas perhari untuk menghindari pegal-pegal di tubuh.

Baca juga :

Masih Terasa Lelah Setelah Liburan? Atasi Dengan Cara ini
Daftar Obat untuk Atasi Nyeri Sendi dan Otot

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*