Jangan Salah, Ini Dia Perbedaan Radang Sendi dan Pegal Linu

Berbagai macam gangguan sendi bisa dialami oleh masyarakat. Namun, jika memiliki radang sendi atau arthritis rheumatoid, maka harus ditangani dengan tepat. Namun, terkadang masyarakat sering keliru dengan gejala nyeri sendi yang dialaminya. Tidak jarang masyarakat menganggap pegal linu yang dialaminya merupakan gejala radang sendi. Sebenarnya, apa yang membedakan radang sendi dengan pegal linu biasa ?

Arthritis artinya adalah radang sendi, jadi penyakit ini ditandai dengan sendi bengkak, merah, terasa panas ketika dipegang, serta timbul rasa nyeri.

Menurut Prof. Handono, penyakit rheumatoid ini dasarnya arthritis yang paling sering diawali dari sendi jari-jari tangan, ketika muncul gejala tersebut pada jari tangan, maka harus mulai mengetahui apakah itu merupakan rheumatoid atau bukan.

Terlebih jika kondisi tersebut terjadi dua-duanya, pada jari kanan dan kiri. Khususnya pada wanita muda harus curiga karena penyakit ini lebih banyak menyerang pada perempuan. Jika terus dibiarkan, maka radang sendi ini bisa membuat jalan seseorang menjadi pincang, tidak bisa mengancingkan baju, serta membutuhkan pertolongan orang lain untuk melakukan aktifitas sehari-hari.

Jangan Salah, Ini Dia Perbedaan Radang Sendi dan Pegal Linu

Sifat dari penyakit ini diawali dengan kondisi ringan, sehingga akan menyerang sendi-sendi yang kecil karena tidak mampu menyerang sendi yang besar. Namun, lama kealamaam jika radangnya sudah hebal dan berat, maka bisa mengenai sendi besar seperti tulang leher, lutut, punggung, dan teramsuk rahang.

“Tapi jahatnya tidak hanya disendi itu saja, karena bisa menyebabkan penyakit jantung, depresi, anemia bahkan kelainan cacat. Biasanya orang dengan radang sendi lebih cepat meninggal akibat jantung ketimbang orang yang tidak punya radang sendi,” ujar Prof Handono yang berpraktek di Rumah Sakit Umum Saiful Anwar.

Sedangkan, prof Handono juga menuturkan jika hanya pegal linu biasa tanpa gejala tersebut, itu tidak perlu dikhawatirkan. Karena manusia biasa hidup dengan pegal linu terlebih lagi jika kurang tidur, banyakmengetik, atau sering menulis cepat, itu tidak berpengaruh.

Baca Juga : Obat Pegal Linu

Radang sendi atau arthritis rheumatoid ini merupakan salah satu penyakit autoimun yang tidak bisa terjadi secara mendadak. Sistem imun tubuh sudah mendidik dari kecil untuk tidak menyerang badannya sendiri. Namun, jika ada sebab tertentu atau bawaan, maka sistem imun menjadi mudah marah dengan dirinya sendiri.

Pencetusnya bisa disebabkan karena adanya infeksi, faktor makanan, misalnya dari pengawet yang digunakna atau dari lingkungan. Kondisi ini secara pelan-pelan dan kita tidak tahu sampai akhirnya muncul penyakit autoimun.

Prof Handono juga menuturkan bahwa pencegahan radang sendi ini masuih belum diketahui, namun yang paling penting adalah kenali dan deteksi sejak awal sehingga bisa diobati serta lebih mudah diatasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*