Kebaikan Rimpang Nampu untuk Meredakan Pegal Linu

Nampu merupakan tanaman yang bisa ditemukan tumbuh liar di gunung, pinggiran sungai, tepi danau, atau ditanam sebagai tanaman obat dan tanaman hias pada tempat-tempat yang agak terlindung. Terna yang bisa hidup lama ini memiliki tinggi 50-100 cm. Helaian daunnya berbentuk bangun jantung dengan, ujungnya runcing, panhkal rompang, tepi rata, kedua permukaan licin, serta pertualangan menyirip dengan panjang 70-90 cm, lebar 20-35 cm, dan berwarna hijau tua.

kebaikan-rimpang-nampu-untuk-meredakan-pegal-linu

Nampu juga memiliki bunga majemuk yang berbentuk bongkol dan berwarna ungu, tumbuh di ketiak daun, berkelamin dua, panjang 15-30 cm, dan tangkai berwarna ungu.

Bagian tanaman yang biasanya digunakan sebagai obat tradisional adalah bagian rimpang. Setelah digali, bersihkan rimpang dari akar, cud, dan jemur hingga kering. Kemudian potong tipis-tipis untuk penyimpanan. Khasiat rimpang nampi biasanya digunakan untuk mengatasi :

  • Rematik, pegal linu
  • Pegal linu setelah melahirakn
  • Meningkatkan nafsu seks pada laki-laki-l
  • Sindroma sumbatan angin-lembab dengan gejala perasaan dingin, sakit di pinggang bawah dan lutut, serta rasa keram dan kebas di tungkai bawah

Untuk mengatasi pegal linu, Anda bisa mencampurkan rimpang nampu dengan temulawak dan kapulaga dan dapat diolah menjadi minuman ringan. Minuman tersebut diformulasikan untuk membantu pekerja berat yang membutuhkan stamina dan konsentrasi serta mental yang kuat, dan minuman ini juga akan membantu mengatasi berbagai efek dari keletihan.

Konsumsilah ramuan obat pegal linu tersebut 1-2 kali sehari jika Anda merasa badan sangat pegal. Jika pegal dirasa sudah mereda, cukup konsumsi 1-2 kali dalam seminggu. Jangan konsumsi ramuan rimpang nampu secara berlebihan. Selain itu, karena sifat minuman ini hangat, maka harus diimbangi dengan banyak minum air mineral.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*