Konsumsi Makanan Ini Bantu Sehatkan Sendi, Tulang, dan Otot

Konsumsi Makanan Ini Bantu Sehatkan Sendi, Tulang, dan Otot,- Menerapkan pola hidup sehat memang seringkali disarankan agar tubuh tetap sehat dan terhindari dari berbagai masalah kesehatan. Semakin bertambahnya usia, maka tubuh akan semakin rentan terhadap serangan penyakit. Tulang, sendi, dan otot merupakan salah satu organ tubuh yang seringkali mengalami masalah pada masa tua nanti.

Agar tulang, sendi, dan otot tetap sehat hingga usia lanjut, maka sebaiknya terapkan pola hidup sehat mulai dari sekarang. Salah satu hal yang bisa dilakukan yaitu mengatur dan menjaga asupan pola makanan.

Makanan dan minuman yang dikonsumsi harus mampu memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh tulang, sendi, dan otot. Nutrisi yang diperlukan diataranya adalah protein, kalsium, magnesium, kolagen, dan vitamin B, C, D, dan E.

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut, berikut ini beberapa jenis makanan yang bantu sehatkan sendi, tulang, dan otot yang bisa dikonsumsi :

  • Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang merah dan kacang hijau, mengadnung banyak zat gizi, terutama sebagai sumber protein nabati. Protein adalah bahan dasar pembentuk tulang dan otot. Selain itu, dalam semangkuk kacang-kacangan tersebut juga kaya akan kandungan mineral, seperti kalsium, vitamin B, dan vitamin C.

  • Buah dan Sayur

Buah dan sayur termasuk salah satu jensi makanan sehat yang cukup banyak direkomendasikan. Didalamnya terkandung banyak vitamin dan zat gizi lainnya yang diperlukan tubuh.

Misalnya bayam, bis amenjadi sumber vitamin dan mineral yang baik. Dalam satu mangkuk bayam matang terkandung sekitar 25% dari kebutuhan kalsium harian. Ditambah lagi dengan kandungan serat, zat besi, dan vitamin A yang juga terkandung didalamnya.

Untuk buah, salah satu yang paling disarankan yaitu jeruk. Satu buah sitrus ini mengandung hingga 95 miligram vitamin C. Jumlah ini diperlukan tubuh untuk seharian penuh. Vitamin C sendiri bermanfaat untuk membantu pembentukan dan pemeliharaan kolagen yang berperan pada kesehatan sendi.

  • Produk susu

Selain susunya sendiri, produk-produk yang terbuat dari susu, seperti yoghurt dan keju juga termasuk sumber kalsium yang baik. Yoghurt bisa menjadi sumber vitamin D dan kalsium yang tinggi, kurang lebih 30% kalsium dan 20% vitamin D (jika difortifikasi vitamin D).

Kebutuhan kalsium juga bisa dipenuhi dari asupan keju. 1 lembar keju sekitar 25 gram saji, dapat memenuhi sekitar 18% kebutuhan kalsium.

Susunya sendiri tentu juga memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Dalam satu gelas susu bisa mencukupi kebutuhan kalsium hingga 30%. Terlebih lagi, sekarang ada pilihan susu yang khusus mengandung nutrisi untuk menjaga kesehatan tulang, sendi, dan otot.

Baca juga :

Cara Mengolah Bawang Putih untuk Sakit Pinggang
Obat Pegal dan Nyeri Otot Terbaik
Obat Penghilang Pegal Linu untuk Orang Tua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*