Lakukan Ini saat Tulang Ekor Nyeri Karena Jatuh Terduduk

Lakukan Ini saat Tulang Ekor Nyeri Karena Jatuh Terduduk,- Siapapun bisa mengalami jatuh terduduk yang disebabkan oleh berbagai hal. Namun, penyebab jatuh terduduk yang paling sering adalah karena terpeleset. Perlu diketahui, terjatuh dalam posisi duduk bisa menyebabkan cedera di tulang ekor yang terhubung dengan saraf di tulang belakang.

Walaupun tulang ekor termasuk tulang terkecil dalam tubuh, namun bisa menyebabkan sakit yang luar biasa. Selain itu, juga bisa mengalami masalah kesehatan yang serius jika terjadi cedera saat terjatuh. Tulang ekor berfungsi untuk mendukung dan menjaga kestabilan seseorang saat dalam posisi duduk. Maka dari itu, jangan anggap sepele cedera pada tulang ekor.

Saat jatuh terduduk, tulang ekor bisa mengalami retak, bergeser, atau memar. Selain itu, benturan keras secara langsing pada tulang ekor, misalnya benturan saat olahraga juga bisa menyakiti tulang ekor.

Cedera pada tulang ekor bisa menyebabkan masalah yang serius, karena terdapat saraf dan otot yang melekat di tulang ekor, seperti saraf yang mengelilingi seluruh tulang belakang, otot-otot dasar panggul, daerah usus, serta paha dan kaki bagian atas.

Lalu, apa yang harus dilakukan jika tulang ekor nyeri karena jatuh terduduk ? Nah, berikut ini merupakan beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membantu meringankan nyeri pada tulang ekor, diantaranya :

  • Hindari duduk terlalu lama di tempat yang berpermukaan keras.
  • Gunakan bantal donat yang empuk untuk mengurangi tekanan pada tulang ekor. Lubang di tengah bantal tersebut bermanfaat untuk menghindari berat tubuh bertumpu pada tulang ekor yang sedang sakit.
  • Kompres area tulang ekor dengan es selama 15-20 menit. Lakukan hal ini 4 kali sehari selama beberapa hari setelah jatuh terduduk.
  • Membiasakan diri dengan pola makan tinggi serat untuk menghindari konstipasi dan tinja yang keras. Pada kondisi tinja keras, tulang ekor bisa saja bertambah nyeri ketika Anda buang air besar atau ketika mengejan.
  • Konsumsi obat nyeri tulang ekor atau obat pereda nyeri nonsteroid, seperti ibuprofen atau aspirin, untuk memeungkinkan kita bisa bergerak tanpa rasa sakit. Namun, hindari konsumsi obat ini atau konsultasikan kepada dokter sebelum minum obat ini jika Anda memiliki penyakit ginjal, sedang menjalani pengobatan untuk mengencerkan darah, atau memiliki riwayat perdarahan saluran pencernaan.

Cedera atau nyeri pada tulang ekor sebenarnya bisa disebabkan oleh banyak hal, bukan hanya jatuh atau akibat benturan pada tulang ekor. Penyebab umum lainnya yang bisa menyebabkan tulang ekor nyeri adalah melahirkan, tekanan akibat gerakan secara berulang-ulang pada tulang ekor seperti ketika bersepeda, dan kadang kala penyebabnya juga tidak diketahui.

Periksakan diri ke dokter jika Anda mengalami gejala cedera tulang ekor atau rasa tidak nyaman di daerah tulang ekor yang penyebabnya tidak Anda ketahui. Karena penyebab yang tidak diketahui bisa saja menjadi pertanda adanya masalah serius.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*