Masih Terasa Lelah Setelah Liburan? Atasi dengan Cara Ini

Masih Terasa Lelah Setelah Liburan? Atasi dengan Cara Ini,- Libur sekolah yang bertepatan dengan natal dan tahun baru kini telah usai dan saatnya kini kembali untuk menjalani aktivitas seperti biasanya. Liburan panjang memang menyenangkan, namun tak jarang rasa letih timbul setelah melakukan perjalanan jauh.Padahal, untuk memulai kembali aktivitas kita memerlukan stamina dan tubuh yang fit. Nah, agar tubuh kembali segar dan siap untuk menjalani aktivitas harian setelah perjalanan panjang, berikut ini cara menghilangkan rasa lelah setelah liburan yang bisa dilakukan :

  • Luangkan waktu untuk beristirahat

Perjalanan yang jauh biasanya membuat seseorang kurang tidur sehingga akan mudah lelah. Usahakan untuk tidak kembali dari perjalanan liburan satu hari sebelum masuk kerja. Sebaiknya sediakan jeda satu atau dua hari untuk mengistirahatkan tubuh. Selama satu atau dua hari tersebut sebaiknya tidak perlu jalan-jalan keluar rumah dan gunakan untuk beristirahat. Selain itu, usahakan tidur yang cukup selama 6-8 jam sehari untuk meningkatkan energi tubuh.

  • Relaksasi tubuh

Setelah melakukan perjalanan, otot-otot dan sendi pastinya terasa kaku dan pegal. Belum lagi ditambah dengan stres akibat arus mudik yang padat. Maka dari itu, sempatkan untuk merelaksasi tubuh. Anda bisa memanfaatkan aroma terapi untuk menenangkan pikiran. Selain itu, Anda juga bisa melakukan peregangan untuk melemaskan otot.

  • Pijat

Untuk membantu menghilangkan rasa pegal di tubuh, Anda bisa memilih pijat sebagai alternatif yang tepat. Namun, pastikan terapi pijat ini dilakukan oleh orang yang benar-benar terlatih. Pemijatan yang baik dan tepat dapat memberikan banyak manfaat, terutama untuk relaksasi dan menghilangkan stres.

  • Minum air putih dengan cukup

Dehidrasi bisa membuat Anda merasa lelah karena mempengaruhi 2% fungsi mental. Minum air putih secukupnya dapat menjaga sistem hidrasi pada tubuh, menjag fungsi ginjal, dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

  • Kembalikan pola hidup sehat

Selama liburan pola makan pasti tidak teratur. Segela jenis makanan masuk ke dalam perut, termasuk junk food. Selain itu, selama liburan juga Anda pasti tidak ingat untuk berolahraga. Maka dari itu, kembalikan pola hidup Anda setelah liburan. Konsumsi buah dan sayur, minum air putih secara cukup, dan hindari junk food. Tubuh yang lelah akan cepat terserang penyakit jika tidak diimbangi dengan pola makan sehat. Kembalikan juga kebiasaan olahraga Anda.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa lelah setelah liburan. Semoga beberapa tips tersebut bisa membantu memulihkan kondisi tubuh Anda sehingga lebih siap untuk menjalani aktivitas harian Anda. Semoga membantu.

Baca juga :

Cara Hindari Kaki Pegal saat Liburan
Tips Atasi Pegal dan Sakit pada Punggung saat Mudik
Obat Pegal Linu Tradisional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*