Mengetahui Penyebab Nyeri Sendi yang Perlu Diwaspadai

Mengetahui Penyebab Nyeri Sendi yang Perlu Diwaspadai,- Nyeri sendi dapat mempengaruhi setiap orang setidaknya sekali dalam seumur hidup. Ini merupakan masalah yang sangat umum dan banyak penyebabnya. Secara umum, nyeri sendi adalah hasil dari gangguan sendi atau cedera sendi. Nyeri sendi bisa terjadi dalam waktu yang singkat atau lama. Tingkat keparahan rasa sakitnya pun bervariasi, mulai dari ringan, menengah, hingga berat.

Menurut spesialis Orthopaedi dan Traumatologi dr Dadang R. Sasetyo SpOT, ada kondisi-kondisi yang bisa menjadi penyebab nyeri sendi yang perlu diwaspadai, diantaranya adalah :

  • Infeksi

Di negara berkembang seperti Indonesia kejadian infeksi masih cukup tinggi, salah satu penyakit yang sampai saat ini berusaha diberantas adalah Tuberculosis (TB). Penyakit ini seringkali melibatkan sendi-sendi besar dalam tubuh seperti sendi panggul, sendi lutut meskipun tidak menutup kemungkinan pula untuk terjadi pada sendi yang lebih kecil.

Pada kondisi ini, pasien akan merasakan nyeri yang sifatnya kronis dengan kualitas yang bertambah secara perlahan. Ada pula penyakit yang dinaman ‘septic arthritis’, ini merupakan salah satu jenis infeksi sendi yang bersifat akut disertai dengan demam sebagai gejalanya.

  • Kengenital

Keluhan nyeri sendi ada pasien remaja atau dewasa bisa juga dilatarbelakangi oelh penyakit bawaan tertentu, salah satunya yang ditemui pada penyakit DDH (Developmental Dysplaslia of the Hip), dimana sendi panggul penderita mengalami dislokasi atau subluksasi yang diakibatkan karena kelainan pada pembentukan komponen tulang cetabulum. Jika tidak menjalani perawatan yang memadai maka bisa menimbulkan keluhan nyeri sendi pada saat penderita memasuki usia remaja.

  • Trauma

Adanya rudapaksa yang mengenai anggota gerak kita bisa menyebabkan cedera pada sendi. Pada kondisi ini cedera yang terjadi bis amelibatkan jaringan keras berupa tulang yang membentuk struktur sendi, atau bisa juga terjadi cedera jaringan lunak berupa ligamen yang berperna penting menjaga stabilitas sendi. Nyeri sendi pada kondisi ini bersifat akut dan selalu disertai dengan riwayat trauma yang cukup adekuat untuk menyebabkan cedera pada sendi.

  • Metabolik

Tingginya kadar asam urat darah seseorang bisa juga menyebabkan penumpukan kristal asam urat pada sendi. Kristal urat yang terbentuk ini dinamakan tophus, yang sering dijumpai pada sendi-sendi kecil jari tangan atau cukup sering dijumpai pula pada pangkal jari kaki.

  • Degeneratif

Merupakan kelompok penyakit yang disebabkan oleh proses penuaan yang terjadi pada seseorang. Profil pasien yang datang dengan kondisi ini sebagian besarnya adalah wanita, menopause, dengan postur yang cederung gemuk.

Nyeri pada sendi lutut merupakan keluhan yang paling banyak dijumpai, nyeri dirasakan pada awal gerakan setelah periode diam lama dan semakin bertambah jika digunakan untuk berkativitas menyangga berat badan seperti berjalan jauh atau naik turun tangga. Kerusakan tulang rawan sendi yang terjadi pada penyakit degeneratif ini dikenal dengan osteoarthritis, yang memiliki gradasi tingkat keparahan yang bervariasi.

Modilitas terapinya juga beragam, mulai dari yang konservatif dengan obat anti nyeri, obat anti inflamasi, menurunkan berat badan, modifiaksi aktivitas, menggunakan alat bantu berjalan, injeksi intra artikuler, hingga modalitas terapi operasif berupa arthroplasty. Akhir-akhir ini telah dikembangkan modalitas terapi berbasis stem cell dengan harapan keberhasilan yang cukup tinggi, terutama pada gradasi kerusakan sendi pada stadium awal.

  • Tumor

Neoplasma tulang memilki lokasi yang beragam, dimana masing-masing memiliki prevalensi yang berbeda dan bisa dikelompokkan berdasarkan usia penderitanya. Beberapa jenis tumor tulang ini memiliki lokasi dekat dengan persendian antara lain, chondroblastoma sering dijumpai pad adaerah epifisis tulang panjang.

Giant cell tumor juga merupakan salah satu jenis tumor unag berlokasi dekat dengan sendi. Pasien akan mulai mengalami keluhan nyeri yang sangat pada daerah sendinya, dimana rasa nyeri ini menetap terus menerus dan tidak hilang dengan obat anti nyeri biasa, disertai timbulnya massa (benjolan) tulang jika tumor sudah berukuran cukup besar.

Baca juga :

Daftar Obat untuk Atasi Nyeri Sendi dan Otot
Obat Pegal Linu Nyeri Sendi Alami
Penyebab Nyeri Sendi pada Usia Muda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*