Penyebab Badan Pegal Setelah Bangun Tidur Di Pagi Hari

Apa yang sering Anda rasakan setelah bangun tidur, apakah tubuh terasa segar setelah semalaman beristirahat, atau justru badan menjadi terasa pegal ?

penyebab-badan-pegal-setelah-bangun-tidur-di-pagi-hari

Rasa pegal setelah bangun tidur di pagi hari memang kerap di rasakan oleh sebagian besar orang dan merupakan hal yang paling umum terjadi. Sebenarnya sulit untuk mengetahui penyebabnya secara pasti. Namun, ada beberapa kemungkinan yang bisa menjadi penyebab badan pegal setelah bangun tidur di pagi hari, diantaranya :

Posisi tidur

Ketika tidur, badan terkadang berada di posisi yang sama atau tidak bergerak sepanjang malam, yaitu sekitar 6-8 jam. Posisi tidur yang baik bagi mereka yang memiliki masalah tersebut adalah tidur dengan memeluk guling dan lutut ditekuk seperti posisi janin. Posisi tersebut dapat membuat bagian punggung terbebas dari stress dan terasa bebas. Selain itu, tidur dalam posisi yang salam juga dapat menyebabkan tubuh lelah di pagi hari. Akibatnya, tubuh akan terasa sakit dan tidur menjadi terganggu.

Kualitas tidur

Seseorang sebenarnya bukan di ukur dari seberapa lama ia tidur (kuantitas), tetapi lebih pada kualitas tidur. Banyaknya Anda terbangun di malam hari dan REM (Rapid Eye Movement) sering terjadi, menandakan Anda belum bisa tdiur dengan nyenyak. Hal ini dapat menimbulkan stress dan tubuh tidak dapat beristirahat secara optimal, sehingga berakibat badan menjadi pegal-pegal.

Mendengkur

Mendengkur merupakan gangguan tidur yang juga dapat memengaruhi kualitas tidur. Akibatnya, ketika bangun di pagi hari tubuh terasa capek dan sakit. Hal ini ternyata dipengaruhi oleh kurangnya pasokan oksigen yang masuk ke dalam tubuh.

Punggung kaku

Duduk dalam waktu yang lama ketika bekerja bisa membuat tubuh menjadi kaku. Bisa jadi, hal ini menjadi salah satu penyebab badan terasa pegal saat bangun tidur. Jika Anda termasuk pekerja yang lebih banyak menghabiskan waktu untuk duduk, maka sebaiknya lakukan olahraga ringan di tempat duduk atau berjalan-jalanlah saat jam istirahat.

Kegemukan

Tidak diragukan lagi, kegemukan merupakan salah satu penyebab utama seseorang sering merasa lelah saat bangun di pagi hari. Hal ini dipengaruhi oleh keseimbangan hormon yang membuat kondisi tubuh memburuk. Akhirnya, saat bangun pagi, tubuh terasa tidak segar dan semangat menjadi menurun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*