Penyebab dan Cara Mengatasi Pegal setelah Melahirkan

Penyebab dan Cara Mengatasi Pegal setelah Melahirkan,- Kehamilan merupakan sebuah proses yang sangat luar biasa bagi seorang wanita. Namun, terkadang perasaan senang akan memiliki momongan ini seringkali disertai dengan berbagai keluhan, salah satunya badan terasa pegal linu. Rasa capek dan pegal-pegal bisa terjadi selama masa kehamilan, terutama ketika kandungan semakin besar. Bahkan pegal linu ini juga bisa dialami setelah melahirkan.

Pegal-pegal setelah melahirkan bisa disebabkan oleh banyak faktor yang terjadi selama kehamilan dan sesudah kehamilan. Biasanya pegal-pegal setelah melahirkan menyerang bagian tulang belakang atau punggung.

Berikut ini merupakan beberapa penyebab pegal linu setelah melahirkan yang perlu diketahui :

Mengurus bayi

Setelah melahirkan, kondisi tubuh belum pulih secara total, namun Anda dituntut untuk segera beraktivitas kembali, yaitu mengurus bayi. Hal ini tentu bisa berdampak menimbulkan pegal yang terus menerus.

Anestesi epidural dan operasi caesar

Jika Anda akan melahirkan melalui operasi caesar, maka dokter anestesi akan memberikan anestesi epidural selama operasi berlangsung. Obat anestesi epidural disuntikkan di bagian tulang belakang melalui sumsum tulang belakang, sehingga menimbulkan nyeri atau pegal-pegal di daerah punggung.

Postur duduk yang salah

Saat hamil terutama pada trimester ketiga, Anda apsti akan mengalami kesulitan dalam mengatur posisi duduk. Hal ini disebabkan karena perut yang semakin membesar. Postur duduk yang salam akan menyebabkan ketegangan di daerah tulang belakang, sehingga menimbulkan pegal-pegal setelah melahirkan.

Tulang punggung tertekan selama hamil

Selama kehamilan, tulang belakang merupakan penyangga seluruh berat badan terutama pada trimester ketiga. Hal ini meninggalkan bekas cedera pada otot tulang belakang yang menyebabkan Anda mengalami pegal-pegal setelah melahirkan. Pegal-pegal juga diperparah dengan peningkatan berat badan selama hamil.

Artikel terkait : Obat Pegal Linu Pasca Melahirkan

Cara Mengatasi Pegal Setelah Melahirkan

Ada banyak cara mengatasi pegal setelah melahrikan yang bisa dilakukan, diantaranya adalah :

  • Kompres dan berendam

Berendam air hangat dan kompres bagian yang pegal menggunakan handuk yang telah direndam dengan air hangat dapat membantu mengataso pegal-pegal pada ibu setelah melahirkan.

  • Pijat

Beberapa penelitain menunjukkan bahwa pijat dapat membantu mengurangi pegal-pegal. Pijatan dapat memberikan sensasi rileks pada otot-otot tubuh dan melancarkan peredaran darah. Namun, pijat tidak boleh dilakukan terlalu keras, karena dapat menimbulkan masalah kesehatan yang serius. Pijat harus dilakukan oleh terapis yang telah terlatih.

  • Olahraga

Selain dapat mengembalikan berat badan ideal, olahraga juga dapat membantu otot-otot agar meregang. Dengan begitu, maka akan menghilangkan pegal-pegal pada tubuh. Aktivitas fisik yang terbukti mampu meregangkan otot dengan maksimal adalah yoga.

  • Perbaiki postur tubuh saat mengurus bayi

Perhatikan cara menggendong bayi, mengangkat bayi, dan lain-lain. Dengan memperbaiki postur tubuh selama merawat bayi, maka hal ini akan membantu mengurangi risiko pegal-pegal.

  • Turunkan berat badan

Punggung atau tulang belakang merupakan penyangga utama berat badan. Selama hamil, berat badan akan bertambah, sehingga makin memberikan beban terhadap punggung. Sebaiknya lakukan diet untuk mengembalikan berat badan seperti semula. Namun, jika Anda masih menyusui, maka tidak disarankan untuk melakukan diet ketat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*