Perjalanan Jauh Sebabkan Tubuh Pegal? Atasi dengan Tips Ini!

Perjalanan Jauh Sebabkan Tubuh Pegal? Atasi dengan Tips Ini!,- Saat bulan Ramadhan, khususnya mendekati Hari Raya Idul Fitri, tidak sedikit masyarakat yang bekerja di luar kota pulang ke kampung halaman untuk berkumpul bersama keluarga. Kegiatan mudik ini tidak jarang dilakukan dalam waktu yang lama dikarenakan perjalanan jauh, ditambah lagi dengan kondisi jalanan yang macet.

Saat melakukan perjalanan jauh ini, tidak sedikit orang yang merasakan tubuh pegal, baik karena menyetir selama berjam-jam atau duduk terlalu lama. Umumnya rasa pegal ini menyerang bagian leher, punggung, lengan, dan kaki.

Pegal ini terjadi karena aliran darah yang tidak lancar pada otot-otot, dan dapat menyerang semua usia, tidak terkecuali anak-anak. Ada beberapa tips atas tubuh pegal saat perjalanan jauh yang bisa dilakukan, diantaranya yaitu :

  • Sempatkan untuk pemanasan

Melakukan pemanasan sangat penting jika Anda sedang menempuh perjalanan jauh. Karena saat duduk terlalu lama, saraf akan kekurangan pasokan oksigen yang disebabkan oleh aliran darah yang terhambat. Dengan pemanasan, maka sirkulasi darah pun akan kembali lancar.

Jika Anda bepergian dengan menggunakan pesawat, Anda bisa berjalan di lorong beberapa jam sekali untuk membantu menghilangkan pegal. Namun, jika Anda menggunakan mobil, Anda bisa berhenti setiap 2 jam seklai.

  • Gunakan pakaian yang nyaman

Sebaiknya tidak menggunakan pakaian yang terlalu ketat, terutama pada bagian celana. Hal ini disebabkan karena dapat membuat aliran darah terhambat. Jika sudah demikian, maka dapat menimbulkan penumpukan zat yang merangsang rasa nyeri.

  • Siapkan obat antinyeri

Obat pereda nyeri, baik obat oles ataupun obat minum, juga bisa menjadi pilihan. Namun, Anda harus memperhatikan penggunaannya dengan benar.

  • Konsumsi makanan yang tepat

Sebelum menempuh perjalanan, konsumsilah makanan atau minuman yang bisa membuat Anda merasa rileks. Misalnya, minum teh atau mengunyah permen mint. Jika sudah cukup rileks, maka hormon endorfin pun akan dikeluarkan oleh tubuh. Nah, nantinya hormon ini akan menghambat pelepasan zat perangsang nyeri.

  • Lakukan pijatan

Ketika tubuh terasa pegal di tengah perjalanan, Anda bisa mengurangi keluhan tersebut dengan memijat diri sendiri. Walaupun hal ini tampak sederhana, namun faktanya pijatan sangat bermanfaat untuk membuat otot-otot yang berkontraksi menjadi lebih rileks. Akibatnya, sirkulasi darah akan menjadi lebih lancar.

Anda juga bisa memanfaatkan bola pijat untuk membantu mengurangi ketegangan sendi dan otot. Taruhlah bola tersebut pada bagian tubuh yang terasa kaku.

Jika pegal yang dialami terasa berat, maka istirahatkan sejenak otot-otot atau lakukan kompres dengan air hangat. Semoga cara-cara tersebut bisa membantu dan membuat perjalanan Anda menjadi lebih menyenangkan dan bebas pegal.

 

Artikel terkait :

Bola Tenis Mampu Hilangkan Pegal saat Perjalanan Jauh
Gerakan Ringan di Mobil Agar Tak Pegal saat Bepergian Jauh
Tips Mengurangi Rasa Pegal Selama dalam Pesawat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*