Pose Yoga untuk Bantu Hilangkan Nyeri Karena Menyusui

Pose Yoga untuk Bantu Hilangkan Nyeri Karena Menyusui,- Ketika menyusui, tidak jarang ibu mengalami pegal di beberapa bagian tubuh, seperti punggung, leher, bahu, dan bagianpayudara. Namun, ibu tidak perlu khawatir, dengan melakukan gerakan yoga sederhana, rasa pegal tersebut bisa dikurangi sehingga ibu bisa tetap nyaman saat menyusui.

Yoga merupakan salah satu olahraga yang dapat membuat tubuh menjadi rileks dan dapat membantu ibu mengatasi pegal dan kaku selama menyusui. Berikut ini beberapa pose yoga untuk bantu hilangkan nyeri karena menyusui yang bisa ibu lakukan di rumah, diantaranya :

Adho Mukha Svanasana

Posisi ini dapat mendorong bagian dada dan efektif untuk menjaga tubuh tetap seimbang serta membuat peredaran darah pada bahu semakin lancar.

Pose merak (Mayurasana)

Pose ini dapat mengurangi ketegangan pada punggung, leher, dan bahu karena menyusui dan terlalu lama menggendong bayi. Selain itu, pose membungkuk hingga kepala menghadap ke lutut tersebut juga membantu meregangkan dan merilekskan pinggul, paha, dan pergelangan kaku. Lakukan pose tersebut selama 30-40 detik sambil mengatur napas dalam-dalam.

Pose anak kecil (Balasana)

Menyusui, stres berkepanjangan, dan salah satu posisi tidur dapat menimbulkan sakit punggung kronik. Ibu cenderung berada pada posisi menghadap janin saat menyusui, dimana dada membuka dan otot punggung memanjang. Pose anak kecil tersebut sangat merilekskan dan dapat meringankan sakit punggung yang dirasakan. Tarik napas dalam-dalam dan tahan posisi memebungkuk hinggamenyentuh lantai dengan kaki berlutut selama 30-40 detik.

Pose jembatan (Setubandhasana)

Pose ini dapat membantu mengurangi kelelahan akibat menyusui dan memperbaiki tulang belakang. Pose ini juga mengurangi ketegangan di leher dan bahu. Cobalah tahan pose yang mengangkat perut tersebut selama 10-15 detik sambil bernapas santai.

Plank lengan bawah (Kumbhakasana)

Pose ini membantu menguatkan otot dada di dekat payudara dan otot perut. Tahan pose yang menitikberatkan pada lengan tersebut selama 20-30 detik. Anda juga bisa melakukannya dengan lutut ditekuk.

Kaki di atas dinding (Viparita karini)

Pose ini dapat meremajakan dan meningkatkan sirkylasi serta membantu mengurangi tumpukan cairan yang menempel di kaki karena duduk terus selama menyusui. Bertahan beberapa saat dalam pose tersebut juga dapat merilekskan punggung.

Itulah beberapa pose yoga untuk bantu hilangkan nyeri karena menyusui yang bisa ibu lakukan. Semoga cara tersebut bisa membantu mengurangi rasa nyeri sehingga Anda bisa menikmati masa menyusui si kecil.

Baca juga :

Obat Pegal Linu Ibu Menyusui
Obat Pegal Linu Ibu Hamil
Obat Penghilang Pegal Linu di Tulang Belakang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*