Resep Ramuan Minyak Herbal utuk Bantu Atasi Pegal Linu

Resep Ramuan Minyak Herbal utuk Bantu Atasi Pegal Linu,- Aktivitas atau pekerjaan yang padat, belum lagi tumpukan pekerjaan yang membuat Anda harus lembur, seringkali membuat tubuh terasa lelah dan otot pegal. Pegal linu merupakan reaksi tubuh dimana rasa kaku, nyeri dan tidak nyaman terasa pada persendian dan otot.

Pegal linu umumnya diidentikkan dengan penyakit orang tua. Karena, memang lebih sering dialami oleh mereka yang berusia lanjut. Namun, saat ini pegal linu juga bisa menyerang siapa saja, bukan hanya orang tua tetapi juga mereka yang masih berusia muda. Tentunya saja hal ini bisa membuat siapapun terganggu dan tidak melakukan aktivitas seperti biasanya.

Nyeri otot yang dipicu oleh kelelahan dipercaya disebabkan oleh kerusakan mikroskopis di dalam otot (microscopic tears) yang biasanya bisa sembuh dengan sendirinya dalam hitungan hari. Biasanya pegal linu menyerang di bagian leher, punggung, lengan, kaki, dan pundak jika terlalu lelah dan banyak bergerak serta beraktivitas.

Untuk mengatasi kondisi tersebut, biasanya penderita akan melakukan terapi pijat atau memanfaatkan obat pegal linu, baik yang dikonsumsi secara langsung ataupun yang dioleskan pada bagian yang terasa pegal.

Namun selain itu, ada juga solusi alterantif yang bisa membantu mengatasi pegal linu di tubuh, yaitu dengan menggunakan minyak herbal. Minyak herbal ini dipecaya dapat memijat sendiri pada bagian tubuh yang terasa pegal. Memijat disini bukanlah dalam artian sebenarnya, tetapi fek dari olesan minyak ini nantinya dapat menyerap ke daalam kulit hingga tulang. Jadi, secara tidak langsung minyak ini menimbulkan sensasi seperti dipijat, sehingga rasa sakit atau pegal dibagian tubuh akan hilang.

Untuk membuatnya, berikut ini merupakan resep ramuan minayk herbal untuk bantu atasi pegal linu yang perlu dipersiapkan :

  • 12 jahe lokal
  • 1 genggam cabe rawit
  • 1 genggam cengkeh
  • Alkohol dengan kadar 96% atau 100%

Cara pembuatan :

  • Haluskan segenggam cabe rawit dan cengkeh dengan cara ditumbuk atau diblender hingga halus dan masukkan ke dalam toples.
  • Kupas dan bersihkan jahe terlebih dahulu, kemudian iris tipis.
  • Masukkan irisan jahe kedalam toples yang berisi bubuk cape dan cengkeh tadi.
  • Tuangkan alkohol secukupnya kemudian aduk perlahan hingga tercampur rata dan tutup toples rapat.
  • Simpan ramuan ini dalam kulkas dengan suhu yang tidak terlalu dingin dan biarkan selama 3 bulan.

Setelah 3 bulan, minyak herbal ini siap digunakan untuk pengobatan pegal linu. Untuk penggunaannya, Anda bisa menyiapkan batang kayu yang ujungnya tumpul (seperti sumpit kayu), kemudian buka ramuan minyak dan celupkan ujung kayu tersebut. Setelah itu, oleskan ujung kayu yang telah dicelupkan ke dalam minyak herbal tersebut ke bagian tubuh yang terasa pegal atau sakit.

Anda bisa merasakan reaksi dari minyak tersebut dalam waktu yang cepat. Reaksi panas yang ditimbulkan oleh minyak herbal tersebut akan menembus kulit, daging, pembuluh darah, dan bahkan sampai ke tulang. Rasa sakit dan pegal yang disarakan pun akan perlahan menghilang.

Namun, perlu diperhatikan, bagi Anda yang tidak tahan dengan reaksi panas yang ditimbulkan, maka Anda bisa menggunakan menggunakan kapas untuk memijat pelan bagian tubuh yang telah diolesi oleh minyak tersebut. Semoga bermanfaat.

Baca juga : Resep Ramuan Obat Pegal Linu dari Daun Encok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*