Resep Ramuan Obat Pegal Linu Tradisional dari Daun Encok

Resep Ramuan Obat Pegal Linu Tradisional dari Daun Encok,- Pegal linu termasuk salah satu gangguan kesehatan yang cukup sering dialami oleh masyarakat. Ada beragam faktor yang dapat menyebabkan timbulnya pegal linu, mulai dari duduk dengan posisi tubuh yang tidak tepat, padatnya aktivitas, hingga melakukan pekerjaan yang berat.

Selain dengan pijatan, biasanya penderita akan mengonsumsi obat pegal linu untuk meringankan pegal yang timbul. Diantaranya banyaknya merk obat pegal linu yang bisa didapatkan di apotik, namun tidak sedikit pula yang masih memanfaatkan bahan-bahan alami sebagai solusi pengobatan yang bisa diterapkan di rumah.

Daun encok merupakan salah satu bahan alami yang diduga memiliki khasiat yang efektif untuk mengatasi pegal linu. Resep ramuan obat pegal linu tradisional dari daun encok telah digunakan sejak lama oleh para orang tua sejak dulu dan diajarkan secara turun temurun untuk membantu mengatasi pegal linu, mengobati rematik, dan encok.

Tanaman daun encok sering dianggap sebagai tumbuhan semak yang awalnya berasal dari Afrika. Tanaman yang memiliki nama latin Plumbago Zeylanica L ini juga sering disebut Bama, Ki encok, dan Godong Encok. Menurut studi, tanaman ini beracun sehingga perlu diperhatikan ketika meraciknya.

Dalam sejarah, daun encok tersebar di Afrika hingga terbawa ke India, dan akhirnya sampai ke Asia Tenggara. Tanaman daun encok dibudidayakan untuk bahan herba tradisional dan sebagai tanaman hias. Tanaman ini berada di habitat Antopogen terbuka, ladangnya yang belum ditanami, padang rumput, dan pinggiran hutam. daun encok akan tumbuh subur di ketinggian diatas 1000 mdpl.

Daun encok mengandung beberapa senyawa alami, diantaranya 3-3-biplumbagin, 3-kloroplum-bagin,khitranon (3-6-biplumbagin), dan droseron (2-hidroksiplim-bagin). Namun, Anda harus waspada dengan plumbagin, pasalnya senaywa ini sangat beracun dan dapat menyebabkan kerusakan berupa lepuhan pada kulit.

Untuk mengobati pegal linu, berikut ini cara mengolah daun encok yang bisa dilakukan, diantaranya :

Bahan-bahan :

  • 5 lembar daun encok
  • Segenggam daun seligi
  • 3 ruas tikel balung atau tanaman patah tulang
  • 3 lembar daun kecubung
  • Alkohol 70%
  • Minyak gondopuro
  • Minyak serai

Cara membuat :

  • Tumbuk semua bahan yang telah disipakan hingga halus.
  • Siapkan alkohol 70%, minyak gondopuro, dan minyak serai. Campur dengan perbandingan 3:2:1. Atau Anda juga bisa menggunakan takaran dengan mencampurkan 150 cc alkohol, 110 cc gondopuro, dan 50 cc minyak serai.
  • Rendam bahan herba yang telah ditumbuk halus ke dalam campuran tersebut.
  • Kemudian oleskan pada permukaan kulit yang terasa sakit atau pegal.

Perlu diperhatikan, Anda harus berhati-hati dalam menakar daun encok agar dosisnya kecil.

Menurut pengobatan Ayuweda dan Sidda, ramuan obat pegal linu tradisional dari daun ecok ini juga digunakan untuk formulasi obat-obatan tradisional, seperti untuk menurunkan demam, mengobati diare dan gangguan pencernaan, flu dan pilek, mengatasi gangguan kulit, seperti kusta atau lepra, serta mengobati sakit malaria.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*