Risiko Penyakit Pada Sendi Engsel dan Cara Mencegahnya

Obat Pegal Linu,- Tubuh terdiri dari berbagai jenis sendi yang memungkinkan tubuh bisa bergerak. Sendi merupakan area dimana dua tulang terhubung oleh jaringan penghubung. Salah satu sendi yang terdapat pada tubuh manusia yaitu sendi engsel. Dimana sendi ini memungkinkan gerakan satu arah.

Contoh sendi engsel pada tubuh manusia yaitu jari-jari tangan. Gerakan pada jari-jari tangan hanya terbatas pada gerakan menekuk dan meluruskan. Contoh lainnya yaitu siku yang terbentuk karena pertemuan antara tulang humerus yang berada dilengan atas dan radius serta ulna dilengan bawah. Jadi, siku merupkan perpaduan 3 buah tulang yang bertemu di tengah-tengah. Siku dilengkapi dengan otot-ptpt seperti biseps yang membantu lengan untuk bisa menekuk dan otot triseps yang membantu meluruskan lengan. Perpadua tersebut membuat tangan Anda memungkinkan bergerak mendekati dan menjauhi tubuh.

2 Risiko Penyakit Pada Sendi Engsel dan Cara Mencegahnya

Risiko Penyakit Pada Sendi Engsel dan Cara Mencegahnya

Sama seperti bagian tubuh lainnya, sendi engsel, dalam hal ini adalah siku tetap berkemungkinan mengalami gangguan. Sebenarnya ada banyak gangguan yang bisa dialami oleh siku, seperti keseleo. patah sendi, atau yang lainnya. Namun, berikut ini merupakan dua gangguan pada siku yangmungkin pernah Anda dengar yang ada hubungannya dengan risiko penyakit pada sendi engsel, antara lain :

Infeksi Sendi Siku (Arthritis Septik)

Kondisi ini berartis endi engsel pada sikut mengalami infeksi bakteri, umumnya oleh bakteri Staphylococcus dan Streptococcus. Penyakit yang jarang terjadi ini biasa menimpa seseorang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah, pengguna obat-obatan terlarang yang penggunaannya dengan cara disuntikkan ke pembuluh darah (intravena), penderita diabetes, pengguna obat-obatan kortikosteroid, seperti kortison.

Pada umumnya, gejala-gejala infeksi sendi siku sama dengan radang sendi siku, seperti timbulnya rasa nyeri, sulit digerakkan, panas, bengkak, dan kemerahan. Juga waspadai jika Anda mengalami demam yang disertai dengan berkeringan dan menggigil, karena kondisi tersebut sering dikaitkan dengan infeksi sendi siku.

Radang Sendi Siku

Gangguan pada siku ini menyebabkan sendi menjadi bengkak, sehingga gerakannya menjadi terbatas. Radang sendi menjadikan siku mengalami nyeri, tidak bisa digerakkan, dan terasa panas. Penyebab dari radang sendi ini diantaranya adalah rheumatoid arthritis, arthritis reakstif atau penyakit reiter, asam urat, arthritis psoriatik, dan ankylosing spondylitis.

Artikel Terkait : Obat Pegal Linu Pada Persendian

Selain sendi engsel, masih ada beberapa jenis sendi lainnya yang terdapat pada tubuh manusia, yaitu sendi putar, sendi pelana, sendi peluru, dan sendi luncur. Tidak hanya sendi engsel saja yang harus dijaga kondisi kesehataannya, namun juga sendi yang lainnya. Berikut ini beberapa tips menjaga sendi engsel dan sendi lainnya tetap sehat :

Perhatikan Berat Badan

Semakin berat badan Anda, maka sendi akan semakin banyak menopang beban. Maka dari itu, untuk membuat sendi tetap sehat, selalu pertahankan berat badan ideal. Bagi Anda yang sedang mengalami kelebihan berat badan, berusahalah untuk bisa menurunkan berat badan secara perlahan. Sekecil apapun penurunan berat badan yang telah berhasil Anda kurangi, maka itu merupakan langkah awal yang bagus untuk mengurangi beban sendi.

Olahraga Ringan

Hindari memilih olahrga yang terlalu berat untuk mencegah sendi menopang beban berlebih. Sebaliknya, pilihlah olahraga ringan seperti jalan kaki, berenang, atau bersepeda.

Jangan Malas Bergerak

Aktif bergerak merupakan kunci untuk menjaga agar sendi tetap sehat. Pasalnya, aktif bergerak bisa mengurangi kekakuan pada sendi. Anda tidak perlu melakukan gerakan yang rumit. Cukup lakukan peregangan, terutama setelah duduk atau berada dalam posisi yang sama dalam waktu yang lama.

Latihan Kekuatan

Selain melakukan olahraga ringan, Anda juga bisa melakukan lathan kekuatan untuk memperkuat persendian, termasuk sendi engsel. Cobalah untuk memegang bola tenis dan menggenggamnya sekuat-kuatnya selama maksimal 10 detik, kemudian ulangi kembali gerkaan tersebut beberapa kali.

Lakukan peregangan Setelah Pemanasan

Banyak orang yang melakukan peregangan sebelum berolahraga, yaitu ketika otot sedang dalam kondisi dingin. Yang benar yaitu lakukan peregangan ketika Anda sudah melakukan pemanasan ringan, seperti berjalan kaki selama 10 menit. Tujuannya yaitu untuk mengendurkan ligamen, tendon, dan sendi.

Gunakan Pelindung

Ketika melakukan olahraga kontak fisik, seperti in line skate, sepak bola, aatu ski, jangan lupa untuk menggunakan pelindung sendi atau padding. Hal ini bertujuan untuk melindungi sendi jika terjadi kecelakaan dalam berolahraga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*