Sering Alami Pegal di Usia 30 Tahun? Mungkin Ini Penyebabnya

Sering Alami Pegal di Usia 30 Tahun? Mungkin Ini Penyebabnya,- obatpegallinu.com – Nyeri sendi merupakan salah satu masalah kesehatan yang sering timbul seiring dengan bertambahnya usia. Rasa sakit paling sering timbul di tubuh bagian lutut, ruas jari, pinggul, siku, leher, sampai bahu.

Kondisi ini tentu akan mengganggu aktivitas Anda. Terlebih lagi, rasa pegal linu ini juga sering timbul ketika udara menjadi dingin. Selain itu, mungkin pada saat usia 20 an Anda jarang merasa pegal-pegal. Akan tetapi, ketika memasuki usia 30 an, tubuh mulai terasa sering pegal. Apa yang menjadi penyebab pegal di usia 30 tahun ?

Perlu diketahui, faktanya dimulai pada usia 30 tahun, massa otot tubuh mengalami penurunan dan lemaknya semakib bertambah, sehingga massa otot tubuh yang tersisa harus bekerja lebih keras untuk menopang bobot tubuh dan beban aktivitas yang dilakukan. Karena harus bekerja lebih keras dari biasanya, maka otot tubuh pun mengalami kontraksi. Maka tak heran jika Anda bergerak lebih aktif, maka tubuh akan langsung terasa pegal-pegal.

pegal linu di usia 30 tahun

Pada usia ini, status hormonal tubuh juga mengalami gangguan akibat menurunkan hormon estrogen dan progesteron. Kondisi gangguan hormonal ini jugab isa diperparah oleh faktor eksternal, seperti mengonsumsi pil kontrasepsi, gaya hidup tidak sehat, dan juga stres.

Ketika stres, tubuh akan mengeluarkan hormon kortisol yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari kondisi tidak normal yang dianggap mungkin bisa membahayakan tubuh. Namun, pelepasan hormon ini bisa menyebabkan terjadinya proses metabolisme tubuh dan mempercepat penyusutan tulang.

Masalah lainnya, peningkatan hormon kortisol yang berlebihan bisa menyebabkan berat badan naik. Mereka yang memiliki berat badan berelbih dan metabolismenya terganggu, maka kemampuan tubuh untuk memulihkan dirinya sendiri menjadi turun. Sehingga jika tubuh terasa pegal-pegal, rasa pegal itu akan sulit untuk dihilangkan.

Baca juga : Obat Sakit Pegal Linu Alami dan Aman untuk Semua Usia

Jadi, jangan heran jika Anda tidak pernah merasakan pegal-pegal sebelum usia 30 an, tetapi saat menginjak usia 30 Anda mulai merasakan tubuh sering pegal. Bisa dipastikan, hal tersebut disebabkan oleh komplikasi penuaan dan gaya hidup yang tidak sehat.

Untuk membantu mencegah tubuh pegal di usia 30 tahun, Anda disarankan untuk olahraga secara rutin. Namun, lakukan olahraga yang ringan saja karena dengan semakin bertambahnya usia, maka cedera akan semakin mudah terjadi. Lakukanlah olahraga ringan minimal 30 menit setiap harinya.

Jangan lupa juga untuk selalu aktif bergerak. Anda bisa memanfaatkan waktu senggang untuk kegiatan positif seperti berjalan kaki, membersihkan rumah, atau berkebun. Meskipun ringan, aktivitas tersebut dapat membantu otot-otot dan persendian menjadi lebih kuat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*