Ternyata Tape Pereda Pegal Atlet Aman Digunakan Ibu Hamil

Ternyata Tape Pereda Pegal Atlet Aman Digunakan Ibu Hamil,- Selama masa kehamilan, ibu seringkali mengeluhkan pegal, nyeri, dan kram di kaki, pinggang, hingga perut. Berat badan yang bertambah dan perubahan hormon menjadi salah satu pemicunya. Keluhan pegal yang timbul bisa dikurangi dengan penggunaan body wrap atau korset khusus ibu hamil yang banyak di jual dipasaran.

Namun, selain itu, ada satu hal lagi yang bisa ibu gunakan untuk mengurangi pegal-pegal selama kehamilan, yaitu kinesiology tape atau sering juga disebut dengan KT tape. Tape ini sebenarnya biasa digunakan oleh para atlit untuk menyangga dan menjaga otot agar tetap stabil serta mengurangi nyeri.

Namun, tidak sedikit pula ibu hamil yang menggunakan tape tersebut, baik diarea kaki, paha, punggung, bahkan perut. Namun, apakah penggunaan KT tape pada ibu hamil aman ?

Menurut dr. Hansa Bhargava, senior medical officer WebMD, seorang spesialis anak, kinesio tape sering digunakan untuk mengurangi level nyeri dan pegal pada otot. Pada sebuah penelitian kecil terungkap jika tape tersebut memang bisa meredakan nyeri punggung yang sering dikeluhkan oleh ibu hamil. Penggunaannya juga aman bagi kehamilan.

Untuk penggunaannya sendiri, memang sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan. Agar penggunaannya maksimal, seorang terapis fisik, Heather Armstrong menyarankan agar ibu hamil menggunakan tape ini dibagian punggung dan perut bawah.

” Mungkin fungsinya seperti korset tapi lebih praktis karena bentuknya yang tipis. Untuk menempel di bagian punggung memang sulit dilakukan sendiri, mintalah pasangan atau orang lain untuk menempelkannya,” ujar Armstrong.

Untuk perlindungan otot yang maksimal, tape ini bisa ditempel secara menyilang. Untuk area perut bawah juga sangat baik sebagai penyangga agar mengurangi pegal dan nyeri area kaki dan tulang selangka.

Artikel terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*