Tips Ampuh untuk Mencegah Nyeri Otot Ketika Bersepeda

Tips Ampuh untuk Mencegah Nyeri Otot Ketika Bersepeda,- Bersepeda merupakan salah satu aktivitas yang cukup menyenangkan. Selain dapat membantu membakar kalori dan menyehatkan tubuh, dengan bersepeda kita juga bisa menikmati pemandangan lingkungan sekitar dengan udara yang menyejukkan.

Namun, disamping itu, berpeda dalam jarak yang cukup jauh juga tak jarang dapat menyebabkan cedera berupa sakit bagian belakang (backpain), seperti sakit pada pinggang dan punggung yang merupakan bagian belakang dari tubuh.

Cedera yang dialami dapat menyebabkan sakit yang berkepanjangan jika tidak segera dilakukan pemulihan. Banyak faktor yang perlu diperhatikan jika kita sering mengalami sakit pada bagian tubuh tersebut. Agar kita tetap nyaman saat bersepeda, berikut ini beberpa tips ampuh untuk mencegah nyeri otot ketika bersepeda yang bisa Anda lakukan.

  • Perhatikan panjang kaki Anda

Hal pertama yang perlu diperhatikan yaitu panjang kaki Anda. Jika Anda memiliki panjang kaki yang berbeda, baik karena perbedaan aktual dalam panjang tulang kaki atau pronasi kaki dan panggul, maka dapat menyebabakn bagian kaki yang pendek akan menarik pinggul lebih ke bawah ketika melakukan pedaling. Untuk menghindari hal tersebut, mintalah bantuan rekan Anda untuk memeriksa tingkat tinggal pinggul Anda ketika kaki pada puncak pedaling. Panjang Stem Bike Fitting yang tepat tentunya akan memberikan kenyamanan lebih ketika Anda baersepeda dalam jarak jauh.

Kesalahan yang paling sering dilakukan yaitu penggunaan Steam (batang penghubung handlebar dengan fork depan) yang terlalu pendek. Steam yang terlalu pendek memaksa rider menjadi posisi membungkuk yang berlebihan.

Posisi rider yang terlalu bungkuk tersebut dapat menyebabkan tulang ligamen dan otot akan bekerja berlebihan dibandingkan dengan tulang belakang, pada kasus yang ekstrim dapat membuat tekanan yang berlebihan pada syaraf pinggang. Jika stem yang pendek menyebabakn sakit pada pinggang, maka sebaliknya jika stem terlalu panjang dapat menyebabkan punggung sakit.

Jika Anda mengalami sakit pada bagian sekitar leher dan bahu, maka kemungkinan disebabkan karena posisi badan yang terlalu merebah. Hal lain yang perlu diperiksa adalah ketinggian stem, posisi stem yang terlalu rendah menyebabkan stres pada bagian bawah punggung.

  • Perhatikan posisi Sadle Seat (tempat duduk)

Sebuah studi mempelajari bagaimana sudut sadle dapat memengaruhi kinerja punggung bagian bawah. Perubahan sudut sadle yang tidak tepat dapat menyebabkan cidera punggung bagian bawah. Dengan hanya menyesuaikan sudut sadle dan meletakkan kembali dalam sudut netral, 70% dari para pengendara sepeda dibebaskan dari sakit punggung.

Jadi, periksakan sudut kursi (sadle) sepeda Anda sebelum Anda bersepeda dalam jarak yang cukup jauh. Aturan baku yang paling mudah yaitu posisi sadle harus sejajar dengan rata-rata tanah.

  • Variasi posisi ketika bersepeda

Variasi posisi ketika bersepeda sangat membantu dalam mengurangi cidera bagian belakang punggung dan pinggang. Ketika berlatih atau sekedar recovery, biasakanlah untuk memvariasikan posisi Anda ketika ridding.

Berdiri di atas sadle untuk beberapa saat sangat membantu dalam mengurangi tekanan pada punggung, ketika medan menanjang tetap pariasikan posisi Anda diatas sepeda. Geser posisi duduk mulai dari depan, tengah, dan belakang sadle untuk mengurangi stres pada bagian punggung bawah.

  • Latihan otot pinggang dan punggung

Banyak orang ketika melakukan pemanasan lebih melatih otot perut dan otot punggung bawah (rrejtus abdominus, internal, eksternal obliques) dengan tujuan untuk menghindari cedera backpain.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa backpain tidak hanya disebabkan oleh tiga otot utama tersebut, untuk punggung bagian bawah, panggul dan pinggul terdapat 29 wilayah otot yang berbeda, masing-masing memerlukan latihan yang sesuai dan memadai.

Backpain nyeri punggung bawah atau ketidaknyamanan ketika bersepeda dapat disebabkan oleh sejumlah besar otot-otot di daerah tersebut, dan mungkin telah diabaikan dalam program latihan rutin. Jika terlalu banyak penekanan pada daerah-daerah tertentu seperti perut (six-pack) maka akan terjadi ketidakseimbangan otot, menimbulkan rasa nyeri dan cedera. Maka dari itu diperukan latihan untuk menekankan pentingnya sebuah program latihan yang komprehensif yang mencakup seluruh bagian panggul dan pinggul.

  • Perawatan

Untuk mengurangi rasa sakit pada bagian belakang punggung dan pinggang, maka Anda bisa melakukan perawatan yang dirasa cukup efektif.

 

Artikel terkait :

Trik Bebas Pegal saat Naik Sepeda Motor
Obat Pegal di Punggung
Obat Pegal di Pinggang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*