Tips Mengatasi Nyeri Sendi saat Udara Dingin

obatpegallinu.com,- Bagi sebagian orang yang menderita rhemathoid arthritis, cuaca dingin bisa menambah rasa nyeri dan sakit mereka. Namun, hingga saat ini belum ada penelitian yang mampu menjelaskan hubungan antara pengingkatan rasa nyeri dengan cuaca dingin tersebut.

Menurut Kimberly Bennett, PhD, PT, dosen rehabilitasi medis Washington University, hal ini mungkin disebabkan karena cuaca yang suram. Cuaca yang suram bisa menyebabkan depresi, yang terkait erat dengan rasa sakit. Selain itu, orang juga cenderung malas bergerak saat cuaca buruk, padahal aktivitas fisik dapat membantu mengontrol rasa sakit.

Abby Abelson, MD, ketua departemen penyakit rematik dan uimunologi di Cleveland Clinic di Ohio, menyebutkan bahwa setelah melihat uji klinis, tidak ditemukan hubungan antara cuaca dan nyeri arthritis. Namun, peningkatan rasa nyeri penderita rhemathoid arthritis ketika meghadapi cuaca dingin tidak bisa dianggap tidak nyata.

Menurutnya, setiap orang berbeda-beda. Ada yang merasa bertambah sakit dan ada yang justru berkata bahwa rasa sakitnya berkurang atau tetap.

Bagi mereka yang merasakan nyeri rhemathoid arthritis nya bertambah saat cuaca dingin, maka inilah trik yang bisa Anda lakukan untuk meringankannya :

Tidur

Menurut Bennett, tidur dan nyeri memiliki hubungan yang erat. Penelitian menunjukkan, kurang tidur dapat memperburuk rasa nyeri dan suasana hati pasien rhemathoid arthritis. Namun sebaliknya, cukup tidur akan meringankannya.

Olahraga

Aktivitas fisik selaly direkomendasikan oleh Abelson. Namun, hindari latihan high impact, pilihlah latikan peragangan dan kelenturan. Olahraga air juga bagus untuk mengurangi rasa sakit karena penyakit rhemathoid arthritis.

Gunakan pemanas

Bantal pemanas atau mandi air hangat dapat mengontrol rasa sakit rhemathoid arthritis.

Menggunakan pakaian hangat dan kaus kaki

Anda tidak bisa mengubah cuaca. Namun, Anda bisa menghangatkan diri dengan menggunakan pakaian yang berlapis, sweater atua jaket, selimut, dan kaus kaki.

Mengelola stress dengan baik

Stres emosional juga bisa memperburuk rasa sakit. Cobalah lakukan teknik relaksasi, biofeedback, atua meditasi untuk mengatasi stres.

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*