Tips Mengobati Pegal Linu Akibat Flu dengan Bahan Alami

Tips Mengobati Pegal Linu Akibat Flu dengan Bahan Alami,- Rasa pegal linu di tubuh bisa membuat penderitanya tidak nyaman dan aktivitasnya menjadi terganggu. Pegal linu bisa menyerang bagian tubuh mana saja, namun umumnya terjadi pada leher, punggung, lengan, kaki, dan pundak.

Pegal linu ternyata bisa disebabkan oleh masalah ringan hingga masalah medis tertentu. Namun, biasanya kondisi ini disebabkan oleh kekakuan pada otot. Walaupun begitu, ternyata pegal linu juga bisa disebabkan oleh infeksi dari luar, salah satunya seperti virus influenza.

Untuk mengatasi hal ini, biasanya obat-obatan yang mengandung bahan kimia sering dijadikan sebagai pilihan utama. Karena selain praktis, obat-obatan ini juga dianggap sebagai pengobatan yang paling efisien. Tapi, jika dikonsumsi secara terus menerus, obat-obatan kimia ini bisa menimbulkan dampak pada kesehatan dan merusak jaringan tubuh, sehingga dapat memperburuk kondisi tubuh itu sendiri.

Nah, ternyata selain dengan memanfaatkan obat pegal linu yang mengandung bahan kimia, Anda juga bisa memanfaatkan bahan-bahan alami sebagai salah satu langkah untuk mengobati pegal linu akibat flu.

Dan berikut ini bahan-bahan alami yang memiliki khasiat untuk mengatasi pegal linu akibat flu yang bisa Anda manfaatkan :

Garam

Setiap ibu  pasti menyimpan garam di dapurnya. Selain untuk keperluan memasak, ternyata garam juga memiliki khasiat untuk kesehatan. Garam memiliki kadar sodium dan juga memiliki unsur mineral yang memiliki beberapa manfaat baik bagi tubuh, seperti menjaga fungsi kinerja jantung, mengatur tekanan darah dan kadar gula dalam darah, serta membantu melancarakn pencernaan.

Tidak hanya itu, larutan air garam hangat juga bisa membantu mengurangi peradangan pada sendi dan nyeri pada bagian tubuh lainnya. Cara untuk mendapatkannya cukup mudah.

Pertama, siapkan wadah yang besar atau bak yang bisa merendam tubuh kita. Kemudian tuangkan air hangat dan tambahkan garam dapur secukupnya. Berendamlah dalam bak tersebut selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu bilas tubuh dengan air bersih. Lakukan terapi tersebut secara rutin hingga rasa nyeri dan pegal linu hilang.

Cabai

Bagi Anda pecinta makanan pedas, mungkin ini merupakan informasi yang menguntungkan bagi Anda. Karena, selain penambah rasa dan selera, kandungan capsaicin yang berfungsi sebagai rasa panas pada cabai juga mampu membantu menenangkan ujung saraf dan mengeluarkan bahan kimia yang menyebabkan rasa sakit.

Jahe

Jahe telah lama dikenal sebagai rempah yang memiliki manfaat bagi kesehatan. Selain bisa menghangatkan tubuh, jahe ini juga bisa membantu mengurangi rasa nyeri pada tubuh. Hal ini disebabkan karena jahe memiliki kandungan anti inflamasi yang berfungsi untuk mengurangi peradangan dari arthritis, sakit perut, nyeri dada,  nyeri haid, bahkan nyeri otot.

Kunyit

Sama halnya dengan jahe, kunyit juga memiliki kandungan anti inflamasi yang dapat bermanfaat untuk meredakan rasa nyeri pada persendian, meredakan nyeri pada otot, dan juga meringankan rasa sakit pada anggota tubuh yang mengalami pembengkakan. Dengan warna kuningnya, kunyit juga bisa dimanfaatkan sebagai pengganti antibiotik dan sangat efektif untuk menegah rasa nyeri dan sakit pada tubuh.

Daun mint

Sifat terapeutik pada daun mint ini berfungsi untuk mengurangi nyeri otot, sakit kepala, dan nyeripada saraf. Kandungan antiseptik dari daun mint juga merupakan antibakteri alami, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai bahan obat kumur. Tidak hanya itu, daun mint juga memiliki nutrisi yang lebih baik bagi tubuh, seperti vitamin A, B, C, D, serat, asam aspartate, gluttamico, alanine, karbohidrat, dan protein.

Anggur merah

Kandungan resveratol pada buah anggur merah memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan tulang rawan, mencegah nyeri pada bagian punggung, dan mencegah nyeri pada persendian.

Itulah beberapa tips mengobati pegal linu akibat flu dengan bahan alami yang terdapat disekitar kita. Semoga informasi tersebut bisa membantu untuk mengurangi rasa nyeri dan pegal linu pada tubuh secara efektif, sehingga Anda bisa memulai kembali aktivitas Anda tanpa rasa nyeri dan pegal linu. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*