Tips Mengurangi Nyeri Sendi dengan Manfaat Mentol

Melakukan aktivitas sehari-hari, seperti melakukan pekerjaan rumah, mengetik, atau aktivitas lainnya terkadang bisa embuat sendi menjadi nyeri. Terkadang untuk mengatasi nyeri, kita sering menggunakan beberapa produk, seperti obat pegal linu yang dijual bebas dipasaran. Biasanya obat pereda nyeri mengandung nonsteroidal anti-inflamatory drugs (DSAIDs) atau yang disebut juga obat antiradang. Namun, selain itu, ada juga bahan lain yang biasa terkandung dalam beberapa produk pereda nyeri, yaitu mentol. Mengapa mentol bisa mengurangi nyeri sendi ? Simak jawabannya disini !!

Tips Mengurangi Nyeri Sendi dengan Manfaat Mentol Secara Efektif

Tips Mengurangi Nyeri Sendi dengan Manfaat Mentol

Mentol merupakan senyawa organik yang ditemukan pada genus Mentha, atau yang lebih dikenal dengan tanaman peppermint. Mentol banyak diekstrak dalam bentuk kristalisasi dari minyak tanaman peppermint liar di India, Asia Varat, Asia Tengah, Himalaya, Siberia, dan Amerika Utara.

Mentol biasa ditambahkan pada salep atau beberapa obat tablet minum untuk menghilangkan rasa pahit atau tidak nyaman saat mengunyah obat. Mentol memang memiliki sensasi dingin saat dioleskan pada kulit atau pada mulut jika mengonsumsi obat. Mentol yang terdapat pada salep bekerja dengan membuat kulit merasa dingin dan kemudian hangat. Hal tersebut akan mengalihkan perhatian Anda dari rasa nyeri yang sedang dirasakan.

Mentol bersifat analgesik alami (pereda nyeri) jika digunakan dalam bentuk lotion, gel, atau krim. Fungsi lain dari mentol diantaranya adalah ketika Anda mengoleskannya pada otot-otot yang terasa nyeri, ternyata dapat memicu vasodilatasi, yaitu melebarkan pembuluh darah di area nyeri meningkatkan aliran darah, serta mengurangi sifat sawar kulit.

Sebelum menggunakan produk pereda nyeri yang mengandung mentol, sebaiknya Anda perhatikan aturan-aturan tertentu, seperti beberapa produk tidak boleh digunakan pada anak-anak yang lebih mudar dari 12 tahun tanpa saran dokter. Maka dari itu, sebelum menggunakannya pada anak-anak yang berusia antara 2 hingga 12 tahun, periksalah label produk dengan teliti. Serta jangan gunakan pada anak-anak usia dibawah dari 2 tahun.

Selain itu, penting juga untuk diketahui jika obat salep mentol merupakan obat yang digunakan pada kulit saja. Hindari mengoleskan obat tersebt pada daerah sekitar mulut, mata, hidung, atau alat kelamin. Dan berhati-hatilah agar tidak menyentuh daerah tersebut jika obat ada ditangan. Jika mengenai daerah-daerah sensitif tersebut, maka segeralah siram dengan air. Selain itu, cucilah tangan dengan baik sebelum menggunakan lensa kontak.

Semoga tips mengurangi nyeri sendi dengan manfaat mentol tersebut bisa bermanfaat dan menjadi referensi terbaik bagi Anda dan keluarga. Semoga lekas sembuh.

Baca Juga : Obat Radang Sendi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*