Tips Mengurangi Nyeri Sendi dengan Teknik Relaksasi

Ketika kita melakukan aktivitas yang padat, maka tidak jarang kita sering mengeluhkan nyeri sendi yang sangat mengganggu. Hal ini tentu sering memaksa penderitanya untuk mengonsumsi obat-obatan tertentu untuk mengurangi nyeri sendi.

tips-mengurangi-nyeri-sendi-dengan-teknik-relaksasi

Namun, sayangnya tidak semua orang senang mengonsumsi obat untuk mengurnagi nyeri sendi. Lalu, adakah cara lain untuk mengurangi nyeri sendi selain dengan minumn obat ?

Salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk mengurangi nyeri sendi selain minum obat yaitu dengan melakukan teknik relaksasi. Bagaimana cara melakukannya ? Berikut ini merupakan 5 tips mengurangi nyeri sendi dengan teknik relaksasi yang bisa Anda lakukan di rumah :

  • Yoga

para ahli yakin jika yoga dapat mengurangi rasa nyeri sendi dan meningkatkan kualitas hidup penderita, terutama bagi mereka yang menderita nyeri sendi akibat pengapuran sendi. Lakukan gerakan yang mudah untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

  • Peregangan di pagi hari

Orang dengan gejala rematik sering mengalami rasa kaki dan nyeri sendi di pagi hari. Gejala ini dapat dikurangi dengan melakukan teknik peregangan, terutama pada sendi yang mengalami kekakuan. Lakukan sebelum memulai aktivitas di pagi hari selama 10-20 menit secara perlahan dan bertahap.

  • Berendam air hangat

Siapa sangka, ternyara berendam dalam air hangat dapat membantu mengatasi nyeri sendi yang tidak disertai dengan gejala. Mekanisme berendam air hangat sama seperti terapi kompres hangat. Namun, perlu diingat, jangan menggunakan air yang terlalu panas.

  • Kompres

Seperti yang disebutkan sebelumnya, jika kompres hangat bisa menjadi salah satu teknik relaksasi yang bisa dilakukan untuk mengurangi nyeri sendi. Namun, tidak hanya kompres hangat, kompres dingin juga bisa menjadi pilihan. Kompres hangat bisa Anda pilih untuk mengurangi nyeri sendi yang tidak disertai dengan gejala peradangan (merah dan bengkak). Sedangkan kompres dingin untuk nyeri sendi yang disertai dengan gejala peradangan.

  • Pijat

Teknik relaksasi yang terakhir yaitu dengan pijat. Ini merupakan cara untuk mengurangi nyeri sendi yang biasa dilakukan di rumah. Sebuah penelitian telah membuktikan jika pijat yang dilakukan sendiri selama 20 menit dapat menurunkan gejala nyeri sendi.

Ternyata ada banyak tips mengurangi nyeri sendi dengan teknik relaksasi yang bisa Anda lakukan di rumah. Pilihlah teknik relaksasi sesia dengan kemampuan, minat, dan fasilitas yang Anda miliki. Semoga bermanfat dan semoga lekas sembuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*