Tips Mudah untuk Bantu Mengatasi Pegal Setelah Menyusui

Tips Mudah untuk Bantu Mengatasi Pegal Setelah Menyusui,- Menyusui merupakan waktu yang sangat penting bagi ibu dan juga si kecil. Dimana, pada momen inilah ibu bisa menjalin kedekatan yang lebih intim dengan bayi. Agar proses menyusui lancar, terkadang ibu cenderung mencari posisi yang paling nyaman untuk bayi. Agar si kecil bisa menyusu dengan tenang.

Namun, perlu diketahui, sebaiknya posisi menyusui tidak hanya nyaman bagi bayi, tetapi juga untuk ibu. Jika posisi tersebut hanya nyaman untuk bayi, maka ibu bisa mengalami beberapa keluhan setelah menyusui, seperti otot nyeri, kaku dan pegal pada bahu hingga leher dan punggung.

Oleh karena itu, ibu perlu mencari posisi terbaik saat menyusui yang bukan hanya nyaman untuk bayi tetapi juga untuk ibu. Posisi menyusui yang paling disukai bayi adalah berada di lengan ibu. Kedua lengan yang dintentul sudut 90 derajat ini membuat ibu harus membungkukkan badan dan kepala agak lama.

Tips Mengatasi Pegal Setelah Menyusui

Ketika diam dalam posisi tersebut cukup lama, maka akan menimbulkan rasa sakit dan nyeri pada bagian lengan. Jika posisi tersebut sering dilakukan, setidaknya sebanyak 8 samapi 12 kali sehari, maka tak heran jika ibu akan merasakan nyeri yang luar biasa.

Untuk membantu mengatasi rasa sakit tersebut, ibu bisa melakukan peregangan. Ibu bisa memulai dengan menarik lengan kanan kek kiri depan dan lakukan juga pada lengan kiri. Kemudian kedua lengan diarahkan ke belakang dan pegang kedua siku secara berlawanan.

Setelah itu, lepaskan dan rilekskan kedua bahu sambil lipat ke depan secara perlahan. Ulangi peregangan ini terus sampai ibu merasa klebih baik. Ibu juga bisa mengatasi nyeri setelah menyusui ini dengan menggunakan bantal kecil untuk menopang bayi, sehingga leher dan tangan tidak terlalu nyeri.

Selain lengan dan bahu, ibu menyusui juga biasanya merasakan nyeri di punggung dan pinggang. Ini bisa disebabkan karena posisi tidur ibu menyusui. Namun, sebenarnya hampir 50% sakit pinggang ini disebabkan oleh biomekanik yang disebabkan oleh postur, berat badan, dan aktivitas saat hamil. Dan bisa juga terjadi akibat posisi ibu ketika mengambil barang salah.

Menyusui di malam hari juga bisa menyebabkan sakit pinggang ketika bangun pagi. Hal ini disebabkan karena ketika menyusui posisi tidur ibu statis tidak bergerak. Inilah yang bisa menyebabkan ketidakseimbangan.

Jika sudah seperti ini, maka sebaiknya ibu berganti posisi tidup pada malam hari. Ibu bisa pindah dari kiri ke kanan, atau tidak menyusui dalam satu posisi secara terus menerus.

Ketika pagi harinya, ibu bisa melakukan stretching. Sebelum beranjak dari tempat tidur, sebaiknya terlentang dahulu. Kemudian tekuk kaki, gerak-gerakkan dan luruskan kembali. Ini dilakukan agar otot bisa melakukan pemanasan, seimbang, kontraksi, dan meregang terlebih dahulu. Dan jika ada yang perlu ditarik, maka tarik terlebih dahulu baru kemudian turun dari tempat tidur. Jangan anggap sepele masalah sakit pinggang dan punggung ini, karena jika terus dibiarkan, maka akan berakibat fatal.

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*