Tips Redakan Pegal dan Badan Mudah Lelah Karena Faktor Usia

Tips Redakan Pegal dan Badan Mudah Lelah Karena Faktor Usia,- obatpegallinu.com – Semakin bertambahnya usia, maka tubuh akan semakin rentan mengalami berbagai masalah kesehatan. Ketika menginjak usia 30-an, tak jrang tubuh akan terasa mudah lelah dan pegal. Padahal, aktivitas yang dilakukan tidak terlalu berat.

Medical Advisor Kalbe Nutritionals, dr. Ervina Hasti W, mengungkapkan seseorang disebutkan mulai menua ketika berusia 30-an. Gejala yang dialami biasanya tubuh akan lebih mudah terasa lelah, pegal linu, tubuh terasa kaku, sering merasa tidak enak badan, dan mudah sakit.

Jika Anda sudah mulai merasakan tanda-tanda tersebut, tandanya gejala awal penuaan terjadi di dalam tubuh. Lalu, mengapa tubuh jadi mudah lelah capek, dan pegal saat usia 30-an ?

dr. Ervina menjelaskan jika hal tersebut bisa terjadi karena adanya penurunan massa otot dan meningkatnya lemak dalam tubuh. Inilah yang membuat massa otot bekerja lebih keras dari baisanya dan membuat tubuh mudah lelah. Ketika beraktivitas, tubuh akan mudah terasa lelah.

Namun, dr. Ervina juga menegaskan jika terdapat faktor lainnya yang dapat memengaruhi kondisi tubuh menjadi mudah pegal dan lelah. Salah satunya yaitu kurangnya asupan nutrisi harian.

Asupan nutrisi harian yang kurang lengkap dan tidak seimbang dapat memicu terjadinya gangguan kesehatan pada tubuh. Harus diingat bahwa kebutuhan nutrisi orang dewasa bukan hanya kalsium saja.

Tidak hanya itu, saat usia 30-an berat badan juga semakin meningkat. Pola diet juga sering gagal. Ketika tubuh kelebihan berat badan, maka akan memengaruhi metabolisme tubuh. Hal inilah yang akan memengaruhi pemulihan tubuh saat merasa lelah. Tubuh akan lebih lama pulih saat usia 30-an dibandingkan saat usia 20-an.

dr. Ervina menyebutkan dengan mengetahui apa saja faktor pemicu penuaan, maka kita bisa mengambil langkah pencegahan yang tepat. Caranya yaitu dengan mengurangi kebiasan merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol, berolahraga secara rutin, serta memenuhi kebutuhan nutrisi harian secara lengkap dan seimbang.

Siapapun tentu ingin memiliki badan yang tetap fit meskipun usia terus bertambah. Maka dari itu, mulailan ubah gaya hidup dan pola makan Anda menjadi lebih sehat. Semoga informasi telah kami bagikan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*