Tips Sederhana Hilangkan Pegal-Pegal Saat Di Kantor

Tips Sederhana Hilangkan Pegal-Pegal Saat Di Kantor

obatpegallinu.com,- Bagi siapapun yang bekerja di kantor, pasti sering merasa pegal-pegal saat bekerja, baik itu di leher, pinggang, ataupun bagian tubuh lainnya. Hal tersebut bisa dirasakan setelah seharian duduk tanpa melakukan aktivitas kecuali hanya bekerja dengan komputer atau melakukan pekerjaan sambil duduk.

Padahal, duduk terlalu lama dapat berdampak buruk terhadap kemampuan tubuh dalam mengelola kadar gula, tekanan darah, serta memperlambat metabolisme tubuh. Bahkan risiko kegemukan pun mulai mengintai.  Namun, bagi Anda yang memiliki tubuh ramping bukan berarti bisa tenang. Bahkan pada orang yang tidak memiliki masalah dengan berat badan, kurang gerak juga  bisa menjadi masalah tersendiri.

Selain itu, sering duduk dalam waktu yang lama juga sangat berisiko menimbulkan osteoporsis atau pengeroposan tulang. Maka dari itu, para pakar menyarankan agar mereka yang bekerja di kantor untuk melakukan olahraga tanpa harus keluar dari ruangan kerja. Dengan tips sederhana hilangkan pegal-pegal di kantor berikut ini bisa Anda lakukan di kantor tanpa harus keluar ruangan kerja :

Peregangan

Untuk menghindari cedera otot selama melakukan gerakan-gerakan latihan otot, alangkah baiknya jika Anda melakukah peregangan terleih dahulu. Gerakan sederhana jika dilakukan tanpa pertimbangan pun bisa berakibat fatal bagi tubuh.

Peregangan bisa dilakukan sambil duduk dan bisa diawali dari jari tangandan pergelangan kaki. Buat gerakan melingkar yang terpusat pada pergelangan tangan dan mata kaki secara terpisah. Setelah itu, lanjutkan ke peregangan otot leher dengan cara berurutan menarik leher ke arah dada, ke atas, kiri, dan kanan secara perlahan.

Tips Sederhana Hilangkan Pegal-Pegal Saat Di Kantor

Setelah itu, kaitkan jemari kedua tangan dan tarik lurus ke atas selama 30 detik. Dengan tangan masih berkaitan, arahkan tanganke sisi kiri dan kanan selama masing-masing 10 detik. Lakukan hal yang sama untuk posisi tangan berkaitan ke depan, lalu ke belakang.

Untuk melemskan otot pundak, putar pundak dan angkat ke arah telinga sambil menarik napas panjang. Buang napas perlahansambil menurunkan pundak ke posisi semula. Ulangi gerakan ini sebanyak tiga kali.

Latihan Otot

Dalam posisi masih duduk tegal, luruskan kedua tangan ke depan hingga telapak tangan bertumpu pada meja kerja Anda. Setelah itu angkat kedua kaki dari lantai.  Putar tubuh secara bergantian ke kanan dan ke kiri sebanyak 10 kali. Latihan ini sangat baik untuk memebakar lemak dan mengencangkan otot perut.

Setelah itu, sekarang waktunya Anda untuk beranjak dari atas kursi. Berdirilah tegal sambil salah satu tangan bertumpu pada meja kerja. Jika tangan kiri yang bertumpu di meja, maka ayunkan kaki kanan ke samping setinggi sekitar 45 derajat. Setelah itu lakukan kebalikannya masing-masing sebanyak 20 kali. Latihan ini bertujuan untuk membentuk otot paha.

Tips sederhana hilangkan pegal-pegal saat dikantor selanjutnya yaitu latihan membentuk otot tangan. Khusus untuk gerakan ini membutuhkan alat bantu beban atau dumbbell. Tidak perlu memilihbeban yang terlalu berat, cukup 1-2 kilogram saja untuk mengencangkan otot lengan. Karena ukurannya mini, maka alat ini tidak membutuhkan ruang khusus, sehingga Anda dapat menyimpannya di laci kantor.

Tips Sederhana Hilangkan Pegal-Pegal Saat Di Kantor1

Ada 2 jenis gerakan untuk melatih otot tangan. Satu untuk melatih otot trisep yang berada di sisi dalam pangkal lengan dan gerakan lain untuk latihan otot bisep yang letaknya dibagian luar lengan.

Latihan otot trisep bisa dilakukan dengan mengangkat satu tangan lurus ke atas sambil menggenggam dumbbell. Kemudian secara perlahan turunkan siku ke arah belakang hingga dumbbell berada tepat di balik kepala. Lakukan gerakan sama secara bergantian antara tangan kiri dan kanan sebanyak 20 kali. Jika latihan ini dilakukan secara rutin, maka gerakan tersebut bisa membakar lemak-lemak yang mengganggu yang banyak bersarang di sekitar pangkal tangan.

Sedangkan untuk melatih otot bisep, genggam dumbbell dengan kedua tangan, telapak tangan menghadap ke atas. Angkat kedua tangan ke arah dada. Lakukan sebanyak 20 kali.

Agar latihan otot tangan bisa memberikan efek yang maksimal, maka Anda harus cerdik dalam memilih dumbbell. Gunakanlah dummbell dengan pelat terpisah, sehingga Anda lebih leluasa untuk menambah atau mengurangi beban tergantung kondisi tubuh dan kebutuhan latihan.

Semoga informasi mengenai tips sederhana hilangkan pegal-pegal saat dikantor bisa bermanfaat dan menjadi solusi terbaik untuk Anda dalam menghilangkan pegal saat bekerja.

Baca Juga : Solusi Atasi Pegal-Pegal Dengan Pijat Ular

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*