Trik Bebas Pegal dan Kram saat Naik Sepeda Motor

Trik Bebas Pegal dan Kram saat Naik Sepeda Motor,- Sepeda motor menjadi salah satu kendaraan yang cukup banyak digunakan masyarakat untuk braktivitas. Selain memiliki ukuran kecil yang memudahkan penggunaannya, waktu tempuh ke tempat tujuan dengan menggunakan sepeda motor juga akan jauh lebih cepat.

Namun, pengetahuan mengenai safety riding atau keamanan berkemndara saja sepertinya belum cukup. Pasalnya, ada masalah kesehatan seperti pegal dan kram yang bisa menyerang pengendara sepeda motor kapanpun, terutama jika naik sepeda motor secara rutin pulang-pergi dari rumah ke tempat kerja atau tujuan lainnya.

Untuk menghindari hal tersebut, berikut ini merupakan beaberapa trik bebas pegal dan kram saat naik sepeda motor yang bisa dilakukan, diantaranya yaitu :

  • Stretching

Ada baiknya jika melakukan stretching terlebih dahulu sebelum berkendara. Lakukan peregangan ringan mulai dari pergelangan tangan, kaki, dan leher. Selain meminimalisir kram, cara ini juga dapat membantu menghindari pegal.

  • Ubah posisi duduk

Ketika mengendarai motor, ubahlah posisi duduk Anda. Cari posisi duduk yang nyaman sehingga tidak terpaku pada satu posisi. Perlu diketahui, duduk di motor dengan posisi yang sama akan memperbesar risiko pegal linu setelah berkendara.

  • Pakai jaket longgar

Panasnya cuaca dapat membuat Anda kekurangan cairan. Untuk itu, alangkah baiknya jika Anda menggunakan jaket longgar agar ada sirkulasi udara. Penggunaan jaket yang terlalu sempit juga tidak disarankan karena hal ini bisa membuat tubuh tidak leluasa bergerak dan sirkulasi darah terganggu.

  • Bawa minum

Otot akan bekerja ketika menangkat rangsangan eksternal. Stimulus ini menghasilkan sinyal listrik yang mengacu pada sel-sel otot-otot untuk berkontraksi. Ketika tubuh kekurangan cairan, maka rangsangan eksternal tersebut dapat mengganggu kinerja otot yang mengarah pada kram otot.

Itulah beberapa trik bebas pegal dan kram saat naik sepeda motor yang bisa dilakukan. Semoga tips dan trik yang telah kami berikan bisa membantu Anda terhindar dari rasa pegal dan kram saat berkendara sepeda motor, terutama ketika harus menempuh jarak yang cukup jauh.

Baca juga :

Tips Atasi Pegal pada Punggung saat Mudik
Obat Pegal Linu untuk Orang Tua
Obat Pegal pada Jari Tangan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*