Waspada! Paparan AC Kantor Bisa Sebabkan Nyeri Sendi Kronis

Waspada! Paparan AC Kantor Bisa Sebabkan Nyeri Sendi Kronis,- Stres akibat tumpukan pekerjaan memang sering menjadi penyebab timbulnya gangguan kesehatan. Namun, selain itu, ternyata penggunaan AC di kantor juga bisa menjadi salah satu penyebab utama menurunnya kondisi kesehatan tubuh. Salah satunya yaitu memicu nyeri pada bagian tubuh tertentu.

Paparan suhu dingin tersebut bisa membuat suhu tubuh di bagian tubuh tertentu menjadi turun. dr. Lukman Shebubakar, Sp.OT dari RS Premier Bintaro Tangerang Selatan, menyebutkan jika uhu tubuh yang turun di lokasi tertentu memang bisa memicu nyeri pada sebagian orang, tapi sebenarnya tidak semua orang.

Walaupun begitu, menurut Lukman orang yang mengalami nyeri sendi setelah terpapar AC biasanya adalah mereka yang sudah memiliki gangguan pada sendi. Rasa nyeri juga bisa timbul pada orang yang memiliki penyakit tangan lainnya, misalnya repetitive strain injury, trigger finger, dan sindrom carpal tunnel.

Kondisi-kondisi tersebut merupakan hasil dari kebiasaan penggunaan tangan yang salah, misalnya melakukan gerakan berulang dengan posisi yang salah. Gerakan berulang yang dimaksud misalnya mengetik, berkendara, berolahraga, dan lain-lain.

Maka dari itu, Lukman menyarankan orang yang harus melakukan kegiatan berulang perlu melakukannya dengan posisi yang benar. Khususnya mereka yang harus melakukannya dalam waktu yang cukup lama, misalnya lebih dari 12 jam sehari.

Misalnya adalah kegiatan mengetik di komputer, perlu diperhatikan posisi duduknya, seperti pandangan mata ke layar, posisi tangan saat mengetik. posisi punggung, kaki, dan sebagainya.

Baca juga :

Peneybab Pekerja Kantoran Rawan Pegal-Pegal
Tips Sederhaan Hilangkan Pegal-Pegal saat di Kantor
Cara Mudah Atasi Pegal-Pegal Larena Terlalu Lama Duduk

AC yang terlalu dingin diketahui juga dapat emicu permasalahan kesehatan, seperti flu, batuk, dan kulit kering. Sebuah survei membuktikan, mayoritas orang yang bekerja di ruangan dengan AC yang sangat dingin mengaku mengalami masalah kesehatan karena AC yang mirip musim dingin.

Tidak hanya itu, terpapar AC yang berada pada suhu di bawah 20 derajat celcius dapat menyebabkan pembengkakan di lutut, pergelangan tangan, dan siku. AC yang dingin juga berisiko pada kekakuan pada leher dan bahu. Hal ini bisa terjadi jika Anda bekerja di meja kerja selama 8 jam sehari.

Komplikasi jangka panjang meliputi nyeri sendi kronis, kelelahan, migrain, dan arthritis (pembengkakan dan kekakuan pada sendi). Untuk mengatasi bahaya dari paparan pendingin udara, sebaiknya sering lakukan peregangan. Cobalah bangun sejenak dari meja kerja kemudian berjalan-jalan keliling kantor setiap 2 jam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*